Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik

DIKSAR, malangpost.id – Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran tentang kebiasaan, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan pendidikan tidak hanya membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart). Namun, juga untuk membantu peserta didik menjadi manusia yang baik (good). Karenanya, diperlukan pendidikan karakter untuk peserta didik.

Mendidik karakter peserta didik merupakan suatu dasar untuk membentuk pribadi yang baik, jujur, bermoral tinggi, bertanggung jawab, dan menghargai satu sama lain. Karakter seseorang bisa menunjang tingkat kesuksesan dalam hidup. Hal ini menjadi kemampuan yang perlu dimiliki dan harus dibangun terus menerus.

Lalu, apa dan bagaimana sebenarnya pendidikan untuk karakter itu?

Apa itu pendidikan karakter?

Untuk mendidik, memberdayakan, dan mengembangkan karakter peserta didik diperlukan pendidikan yang sistematis dan terencana. Dengan pendidikan ini, seorang peserta didik bisa tumbuh menjadi individu yang tak hanya memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, namun juga bagi keluarga, masyarakat, dan negara.

Tujuan pendidikan karakter

Karakter peserta didik yang berkualitas perlu diajarkan sejak usia dini. Pendidikan karakter bisa dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah atau di lingkungan masyarakat.

Tujuan pendidikan karakter untuk peserta didik menuru Said Hamid H., dkk seperti dilansir dari ruangguru adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan perilaku dan kebiasaan peserta didik yang sejalan dengan norma-norma umum dan tradisi budaya bangsa

2. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab

3. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai area belajar yang aman, nyaman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan

4. Membantu peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berilmu, berwawasan, dan berbudaya

Baca juga: Kenali Karakteristik Buah Hati Anda Sejak Dini!

Fungsi mendidik karakter peserta didik

Memberikan pendidikan karakter adalah untuk membentuk kepribadian dan karakter peserta didik menjadi orang yang memiliki nilai moral tinggi, berperilaku baik, toleransi tinggi, dan berahlak mulia.

Beberapa fungsi dari pendidikan karakter untuk anak adalah:

1. Membangun dan memperkuat perilaku peserta didik yang hidup di tengah masyarakat yang beragam

2. Mengembangkan potensi dasar yang dimiliki untuk menjadi pribadi yang berperilaku bagik

3. Bermanfaat bagi masyarakat dan dunia dalam membangun dan meningkatkan peradaban bangsa dan dunia

Baca juga: Kenali Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar Anak Sejak Dini

Menumbuhkan pendidikan karakter

Mengajarkan dan mengembangkan karakter peserta didik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Diantaranya adalah pembelajaran saling tolong menolong agar menjadi kebiasaan dan peserta didik peduli pada lingkungan sekitar. Selain itu, peserta didik bisa belajar saling menghargai dalam hal mengerjakan pekerjaan dan tugas. Sehingga hal ini bisa membantu menumbuhkan rasa toleransi dan perbedaan dengan orang lain.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *