HANSEN, Hand Sanitizer Alami Inovasi Mahasiswa UIN-UB

KAMPUS, Malangpost.id – Kolaborasi mahasiswa UIN Malang dan Universitas Brawijaya (UB) melahirkan inovasi yang berguna untuk masyarakat. Mereka membuat hand sanitizer berbahan alami yang berbeda dengan biasanya. Inovasi ini mampu membawa mereka meraih Silver Medal dari lomba 1 Idea 1 World (1I1W), International Innovation, Design and Start Up Competition, Istanbul, Turki pada bulan Maret lalu

Anggota tim pemenang Silver Medal ini adalah Risna Afiatur Rosyida (Kedokteran-UIN Malang), Bunga Salma (Kimia-UIN Malang), Aminaturrokhiyah (Ilmu Perpustakaan-UB), Marissa Nur Khoviva (Kedokteran-UIN Malang), dan Nabila Asha Rahmita (Farmasi-UIN Malang).

Baca juga : Klinik UB Lakukan Vaksinasi Covid-19 Gratis Untuk Publik

“Jadi penelitian kami mengenai pembuatan  hand sanitizer sediaan gel dari bahan alami, kita menggunakan bahan aktif dari daun kersen. Pembuatan HANSEN ini juga sebagai bentuk eksploitasi bahan alam di Indonesia dalam bidang kesehatan,” jelas Bunga Salma pada Kamis (19/8/2021).

Bunga menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah karena maraknya penggunaan hand sanitizer namun terbuat dari bahan kimia yang mampu mengiritasi kulit, jadi dibuatlah sebuah alternatif HANSEN (Bio-hand kersenitizer), sebagai hand sanitizer alami yang mampu meminimalisir efek samping dan lebih aman digunakan.

“HANSEN terbuat dari bahan alami dan sudah kami uji agar mampu menjadi salah satu alternatif penggunaan hand sanitizer. Adapun bahan kimia yang kami gunakan benar-benar dengan kadar yang berbeda dari hand sanitizer biasanya.” Imbuhnya.

Bunga dan tim berharap, HANSEN dapat menyebarluas ke masyarakat sehingga menjadi alternatif penggunaan hand sanitizer. “Cuma memang kita belum sempat kasih ke orang-orang, karena belum ada kesempatan. Mungkin, kalau ada kesempatan insyaAllah pengennya bisa sekalian branding.”tambahnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *