Cara Mendapatkan Informasi Magang untuk Mahasiswa

KAMPUS, Malangpost.id – Persaingan dalam dunia kerja semakin ketat sehingga kita sebagai mahasiswa harus mempersiapkannya lebih awal. Ada banyak cara seperti mengikuti lomba, berorganisasi, volunteer, dan magang. Magang juga merupakan langkahmu untuk mengetahui seperti apa dunia kerja sebenarnya. Ternyata masih banyak juga mahasiswa yang bingung mengenai cara mendaftar dan mendapat tempat magang. Kalau kamu salah satunya, yuk simak cara mudah mendapatkan informasi magang untuk mahasiswa berikut ini.

Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu

Langkah pertama ini benar-benar harus kamu catat dan perhatikan. Tidak semua tempat magang langsung menerimamu begitu kamu memasukkan berkas-berkas loh. Ada banyak tempat yang ingin melihat kemampuan calon mahasiswa magang secara akademik maupun non-akademik. Tunjukkan saja apa yang menjadi kemampuanmu dengan baik.

Aktif Mencari Informasi di Website Lowongan Kerja dan Media Sosial

Cari tempat magang memang susah-susah gampang. Kalau ada waktunya magang, malah susah menemukan tempat magang yang menerima mahasiswa. Tapi kalau lagi sibuk-sibuknya, ada saja lowongan magang yang lewat. Saat kamu mau magang, cobalah aktif mencari tempat yang cocok denganmu. Kalau beruntung, kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan magang di situs terpercaya seperti Linkedin bahkan di media sosial seperti Instagram. Sebelum mendaftar dan diterima, pastikan juga tepat yang kamu daftari nanti cocok denganmu. Kamu tidak hanya magang sehari atau dua hari, namun dalam beberapa minggu bahkan hitungan bulan dan harus bekerja dengan baik.  

Manfaatkan Networking

Mahasiswa yang aktif di organisasi pasti mengenal banyak kakak tingkat bahkan alumni yang pernah berkuliah di universitasnya. Beruntung banget kalau mereka bekerja di perusahaan impianmu. Kamu bisa tanya mengenai cara magang disana dan dokumen yang perlu disiapkan. Tidak hanya alumni, kamu juga bisa tanya kakak tingkat yang masih kuliah mengenai tempat ia magang dahulu. Siapa tau kakak tingkatmu mau berbagi cara mendaftar magang. Kamu juga bisa bertanya kepada bagian akademik kampus mengenai tempat dan cara magang.

Langsung Datangi Tempat Magang yang Kamu Inginkan

Tidak ada salahnya untuk datang langsung ke kantor tempat magang yang diinginkan. Tentu dengan cara dan pakaian yang sopan jika kamu ingin mendapat sambutan yang baik. Coba tanyakan apakah mereka masih menerima mahasiswa magang atau tidak. Jika tidak, jangan kecewa dan tetap tunjukkan sikap sopanmu. Siapa tahu diwaktu lain, perusahaan itu menerima mahasiswa magang lagi.

Itu dia 4 cara mendapatkan tempat magang untuk mahasiswa. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari tempat magang ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *