Tentang FKIK UIN Malang, Visi Misi Jurusan dan Program Studinya

KAMPUS, malangpost.id – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan atau FKIK merupakan salah satu jurusan kuliah paling bergengsi di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan lulusan SMA bersaing ketat untuk masuk jurusan dengan syarat kelulusan paling tinggi. Kebanyakan universitas negeri dan swasta di Indonesia memiliki jurusan ini, salah satunya FKIK UIN Malang.

Buat kamu yang tertarik kuliah di FKIK, berikut informasi tentang FKIK UIN Malang.

Visi

Pada 8 Februari 2021 lalu FKIK UIN malang meluncurkan  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) untuk periode 2021-2025. Untuk lima tahun ke depan, visi utama FKIK adalah menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional.

Baca juga: Ini Detail Fakultas Humaniora UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

Misi

Dalam mencapai visi tersebut, FKIK UIN Malang menjabarkannya dalam bentuk lima misi, yakni:

1. Menyelenggarakan pendidikan integratif dan bereputasi internasional di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian integratif di bidang kedokteran dan kesehatan yang bereputasi internasional

3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan kesehatan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat integratif di bidang kedokteran dan kesehatan

4. Menyelenggarakan tatakelola Fakultas berbasis good governance

5. Mengembangkan kesehatan haji sebagai keunggulan Fakultas dalam Tridharma Perguruan Tinggi

Baca juga: Ini Detail FITK UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

Program Studi

FKIK UIN Malang memiliki beberapa program studi, yaitu:

1. Program Studi Farmasi

Program Studi Farmasi di UIN Malang memiliki beberapa jurusan. Yaitu Biologi Farmasi, Kimia Farmasi, Teknologi Farmasi, dan Farmasi Klinis dan Komunitas.

2. Program Studi Pendidikan Dokter

Program Studi Pendidikan Dokter di FKIK UIN Malang didirikan pada 29 Maret 2016. Salah satu keunggulan PSPD di sini adalah bidang kedokteran haji. Lulusannya akan memiliki kompetensi tambahan dalam pengelolaan masalah kesehatan haji.

PSPD FKIK UIN Malang memiliki beberapa jurusan, yakni Ilmu Biomedik, Ilmu Kedokteran Klinik, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Bioetika & Pendidikan Dokter.

3. Program Studi Profesi Dokter

Program Studi Profesi Dokter (PSPD) merupakan tahap profesi pada pendidikan kedokteran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran klinik dan pembelajaran komunitas dengan berbagai tingkat dan bentuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk memenuhi kompetensi mahasiswa sebelum dinyatakan sebagai dokter.

Tahapan Sekolah Kedokteran

Buat kamu yang bercita-cita ingin menjadi dokter, ada tahapan yang perlu dilalui selama Sekolah Kedokteran. Sistem dalam Sekolah Kedokteran jauh berbeda dengan jurusan-jurusan di perguruan tinggi pada umumnya. Mahasiswa kedokteran setidaknya memerlukan durasi minimal enam tahun untuk menyelesaikan studi hingga menjadi dokter.

Berikut tahapan di Sekolah Kedokteran:

1. Program Kuliah Sarjana (S1) Kedokteran

2. Program Profesi Dokter

3. Ujian Sertifikasi

4. Lulus Dokter

5. Internship

6. Praktik Mandiri

Nah, kalau kamu ingin lebih tahu lebih lanjut tentang FKIK UIN Malang, langsung saja kunjungi situs resminya di https://fkik.uin-malang.ac.id/.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

1 Comment

  1. Thanks on your marvelous posting! I really enjoyed reading it, you
    happen to be a great author. I will make sure to bookmark your blog and will eventually come back sometime soon. I want to
    encourage that you continue your great work, have a nice holiday weekend!

    Review my web site стоимость опрессовки отопления

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds