Mahasiswa Tidak Bisa Merepresentasikan Struktur Sel Saat Pandemi, Mahasiswa UM Kembangkan Cellspace

KAMPUS, Malangpost.id – Mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam CS Team kembangkan media pembelajaran Biologi Sel berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tim yang diketuai oleh Jasmine Nurul Izza dari Jurusan Biologi ini, terdiri dari Zahra Firdaus sebagai research and material creator dari Jurusan Biologi, Moch. Dicky Novaldi sebagai developer dari Program Studi Game Animasi, dan Tubagus Nurulloh sebagai desainer dari Jurusan Seni dan Desain.

Dengan nama Cellspace, menurut Jasmine, media pembelajaran tersebut tercipta karena kondisi pandemi yang berdampak pada tidak mampunya mahasiswa penempuh mata kuliah biologi sel dari berbagai universitas merepresentasikan struktur sel.

“Mereka hanya bisa melihat objek sel berupa gambar pada ebook, video, serta ppt,” imbuhnya

Cellspace Branding dari Produk Cell Study Place

Jasmine lantas menjelaskan, Cellspace merupakan branding dari produk Cell Study Place. Itu adalah media pembelajaran triplerepresentatif berbasis Website, sebagai langkah digitalisasi sistem pembelajaran Biologi Sel yang dikembangkan dengan menggunakan metode research and development.

CS Team pengembang Cellspace. (Foto: Ist)

“Cellspace berupa e-flipbook berbasis website yang dapat mengoneksikan mahasiswa dan dosen se-Indonesia dalam ruang belajar biologi sel,” kata Jasmine

“Selain memberikan representasi ganda objek sel melalui augmented reality, Cellspace juga menampilkan video virtual reality 360,” sambungnya

Tidak hanya memiliki keunggulan pada fitur yang user friendly. Lanjut Jasmine, materi dan media dalam Cellspace juga telah tervalidasi oleh ahli. Pada media pembelajaran ini juga menyediakan fitur simpan materi, hingga fitur report guna menghindari pelanggaran SARA.

“Kehadiran Cellspace mampu mengintegrasikan pembelajaran sesuai kurikulum. Serta mendukung tercapainya kompetensi abad 21 yakni 4C: Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity dalam rangka kampus merdeka belajar,” tegasnya

Dengan hadirnya Cellspace, dia dan timnya berharap media pembelajaran tersebut mampu meningkatkan literasi teknologi dan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar lewat wadah diskusi yang mempertemukan mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas.

Sebagai informasi, Cellspace sebagai media pembelajaran hasil inovasi dari tim mahasiswa UM ini juga diikutkan dalam final Lomba Inovasi Digital Mahasiswa yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *