Manfaat Ikut Organisasi Untuk Mahasiswa

KAMPUS, Malangpost.id – Buat kamu mahasiswa baru, pasti banyak yang bingung nih mengisi masa kuliahnya dengan kegiatan apa selain belajar. Ada yang ingin fokus belajar saja, belajar dan organisasi, atau dengan lomba juga. Atau malah ikut semuanya? Wah kalau kamu masih bingung gabung organisasi atau tidak, ini dia manfaat ikut organisasi untuk mahasiswa.

Membangun Relasi

Dalam menempuh pendidikan di universitas, keseriusan dalam belajar emang penting banget. Tak hanya itu, kamu juga perlu untuk bersosialisasi dengan teman sejurusan maupun dari luar jurusanmu. Terlibat dalam organisasi di kampus membuat kamu harus berinteraksi dengan banyak teman baru yang memiliki pandangan berbeda-beda. Banyak relasi sangat membantu kehidupanmu di kampus sampai saat kamu bekerja nanti loh. Kamu jadi punya teman untuk berbagi hal-hal baru yang belum kamu dapatkan saat belajar di kelas. Asik banget deh.

Melatih Kepercayaan Diri dan Skill Komunikasi

Wajar banget kalau kamu masih mahasiswa baru dan masih malu-malu. Apalagi biasanya kamu stuck di zona nyaman dan dunia perkuliahan mengharuskanmu keluar dari zona nyaman itu. Belajar di organisasi membuat kamu berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki gaya bicara yang berbeda-beda. Kamu dituntut untuk memahami style setiap orang agar bisa bergaul dan mendapat kepercayaan dari mereka. Apalagi kamu pasti akan sering melakukan presentasi di depan teman-teman organisasimu. Pasti awalnya ragu dan tak nyaman, tapi skill komunikasimu akan semakin terlatih dan makin PD deh.

Belajar Manajemen Waktu

Ada tugas yang mendekati deadline saat rapat organisasi tentu bikin panik banget. Anak organisasi baru pasti kewalahan nih kalau gak punya skill manajemen waktu yang bagus. Bagaimanapun emang kelas dan tugas kuliah harus diutamakan, tapi percaya deh lama kelamaan kamu akan terbiasa mengerjakan tugas kuliah dengan baik juga tetap menjalankan tugas organisasimu. Kamu akan belajar cara membagi waktu agar kegiatan akademik dan non-akademikmu berjalan lancar.

Melatih Kepemimpinan

Di organisasi kamu bekesempatan untuk menyampaikan pendapat-pendapatmu saat akan terlaksananya suatu kegiatan. Apalagi saat kamu berkesempatan menjadi ketua pelaksana. Kamu tentu dituntut untuk mengarahkan panitia lain agar bekerja dengan baik demi lancar dan meriahnya acara tersebut. Mau gak mau, skill pemimpin akan tumbuh dengan sendirinya dalam dirimu.

Apa yang berlebihan emang akhirnya tidak baik. Jadi jangan melulu fokus organisasi sampai kamu lupa kewajibanmu yaitu belajar karena memang itu tujuanmu kuliah. Manfaat organisasi untuk mahasiswa itu akan jadi bencana kalau kamu mengikutinya dengan berlebihan. Jadi, kamu harus berusaha menyeimbangkan organisasi dan perkuliahan dengan baik, ya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *