5 Skill yang Perlu Dipelajari Oleh Gen Z Saat Ini

DIKSAR, Malangpost.id – Generasi Z atau yang sering disebut Gen Z adalah mereka yang lahir di tahun 1995 sampai 2010. Wah tergolong masih muda di tahun 2021 ini. Mereka yang termasuk Gen Z saat ini kebanyakan masih bersekolah, kuliah, mencari pekerjaan, atau bahkan sudah bekerja.

Kalau kamu masih pelajar, mahasiswa, atau sedang mencari pekerjaan berarti masih ada waktu nih untuk belajar hal-hal yang akan mengembangkan dirimu. Ini dia 5 skill yang perlu dipelajari oleh Gen Z saat ini.

Bahasa Asing

Untuk beberapa mahasiswa, kuliah daring membuat waktu luang mereka semakin banyak. Tidak ada salahnya mengisi waktu luang tersebut dengan belajar bahasa asing. Kalau kamu belum lancar berbahasa Inggris, cobalah menekuninya. Kamu juga bisa belajar bahasa asing lain yang kamu inginkan.

Di era digital ini, hubungan antar negara semakin mudah jadi memungkinkan sekali saat kamu bekerja nanti bertemu dengan orang dari negara lain. Bahasa asing akan memudahkan interaksimu. Selain itu sekarang banyak sekali literatur bahasa asing di internet untuk bahan kuliah maupun penelitian. Tidak harus datang ke tempat, sekarang banyak sekali situs belajar bahasa asing online yang mudah kamu cari.

Mengelola Bisnis dan Digital Marketing

Kegiatan yang satu ini bisa dibilang susah-susah gampang. Ada yang bilang menyenangkan, ada yang bilang menyusahkan. Kalau kamu tipe orang yang suka tantangan dan uang, pas banget nih. Membuka sebuah bisnis memang gak bisa asal, kamu harus mempelajari beberapa hal penting. Sekarang banyak banget loh orang-orang di media sosial yang secara gratis membagikan ilmu mereka tentang bisnis.

Zaman sekarang juga kamu gak harus punya toko untuk membuka sebuah bisnis, cuma perlu membuat akun media sosial dan e-commerce saja. Bisnis online cocok banget untuk kamu mulai saat ini, tentunya dengan persiapan yang matang. Membuka bisnis membuat pikiranmu lebih terbuka dan juga melatih kesabaran. Belajar digital marketing tidak hanya berguna untuk bisnis online loh, tetapi bisa juga untuk mengembangkan organisasi kamu.

Menulis

Kemampuan menulis dasar sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek. Menulis juga menjadi sarana untuk pengembangan diri. Dengan ketrampilan dasar itu, dapat memudahkan kamu dalam berbagai kegiatan. Untuk mengerjakan tugas sampai membuat portofolio dan CV saat melamar kerja nanti. Dalam belajar menulis kamu juga perlu banyak membaca. Semakin banyak membaca maka akan semakin mudah dalam menulis.

Public Speaking

Jangan sampai jadi anak muda yang asbun atau asal bunyi aja. Untuk berbicara kamu perlu menguasai skill-nya secara mendalam loh agar orang paham apa yang kamu sampaikan. Sama dengan menulis, kamu juga perlu banyak membaca untuk menguasai public speaking.

Berbicara di depan orang banyak sering sekali membuat kita deg-degan terlebih dahulu. Cobalah berbicara didepan kaca dengan latihan suara dan gesture yang pas. Jangan lupa nonton tips-tips di media sosial mengenai cara public speaking yang bagus.

Belajar memang gak ada batasannya. Di usia berapapun dan untuk hal apapun, kamu bebas belajar asal hal itu positif.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *