Gandeng Organisasi Internasional, Smonagenes UB Sukses Gelar Seminar ISSMART 2021

KAMPUS, Malangpost.id – Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya kembali menyelenggarakan seminar internasional ISSMART yang ketiga. Seminar internasional ISSMART berlangsung selama 2 hari. Seminar kali ini berkolaborasi dengan organisasi internasional Asian Federation of Biotechnology (AFOB).

Seminar ISSMART – AFOB 2021 mengundang narasumber-narasumber dari dalam dan luar negeri yang ahli dalam bidangnya, diantaranya Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D Profesor Bidang Genetika Molekuler, Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Ketua Research Center SMONAGENES, Universitas Brawijaya, Indonesia.

Lalu Prof. Renu Wadhwa, Ph.D dari School of Integrative and Global Majors (SIGMA), University of Tsukuba, AIST, Japan; Assoc. Prof. Mariena Ketudat-Cairns, Ph.D dari School of Biotechnology, Institute of Agricultural Technology, Suranaree University of Technology, Thailand.

Selanjutnya Dr. Hendra Gunosewoyo dari School of Pharmacy and Biomedical Sciences, Curtin University, Perth, Australia; Prof. Chi-Tai Yeh, Ph.D Taipei Medical University, Shuang Ho Hospital, Taiwan dan Dr. Priatna Sasmita, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan), Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Tema yang diusung dalam kegiatan ISSMART yaitu “Smart Molecules for Human Health and Prosperity”. Seminar internasional ISSMART sukses diikuti oleh kurang lebih 80 peserta dari dalam dan luar negeri. Mereka tercatat ada yang dari kampus dan lembaga penelitian.

Antara lain adalah dari Universitas Airlangga, Indonesia; CMBRI, Research Institute for Humanity and Nature, Japan; AIST-INDIA DAILAB, AIST Tsukuba Central, National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Japan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Japan; Niigata University, Japan; Kyoto University, Japan.

Kemudian Biochemistry Department, School of Chemistry, Institute of Sciences, Suranaree University of Technology, Muang, Nakhon Ratchasima, Thailand; Universiti Putra Malaysia, Malaysia; Universitas Khairun, Indonesia; Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia; Politeknik Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia, Medan, Indonesia; Universitas Syiah Kuala, Indonesia, Nusa Nipa University, Indonesia.

Seminar ISSMART Guna Kontribusi dalam Sharing Penelitian-Penelitian oleh Para Ahli

Kegiatan ini disambut baik oleh presiden AFOB, yang diwakili oleh Prof. Takeshi Omasa (Division of Biopharmacheutical and Medical Biotechnology) dalam sambutannya menyampaikan, bahwa seminar ISSMART ini baik guna berkontribusi dalam sharing penelitian-penelitian oleh para ahli dan dapat mendatang bisa menjalin kerjasama.

“Baik AFOB dengan Universitas Brawijaya atau sebaliknya,” ujarnya

Sambutan hangat juga disampaikan oleh ketua seminar Internasional ISSMART, Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D. Dirinya memberikan ucapan terimakasih atas dukungan Universitas Brawijaya dan kerjasamanya dengan organisasi AFOB. Serta keikutsertaan peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

Tak lupa juga sambutan dari Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES yang menyampaikan harapannya acara berjalan dengan lancar dan sukses. Serta ilmu-ilmu yang didiseminasikan dapat memajukan perkembangan keilmuan. Serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat akademisi maupun masyarakat umum.

Dalam dua hari kegiatan ISSMART 2021, berbagai ilmu disampaikan dalam seminar internasional ISSMART dalam bidang kesehatan, material science, ilmu kimia, dan lain-lain. Antusiasme peserta mewarnai diskusi pada kegiatan ISSMART baik ketika penyampaian oleh keynote speaker atau narasumber utama, invited speaker dan seminar parallel.

Penutupan acara ISSMART 2021 dilaksanakan pada hari kedua, tepatnya pada 26 Agustus 2021 lalu. Ditutup oleh ketua Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya, Bapak Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc., Agr. Dirinya dengan bangga mengapresiasi kegiatan ISSMART yang berjalan rutin tiap tahun.

“Harapannya kegiatan ISSMART ini dapat menjadi ajang sharing ilmu pengetahuan dan kolaborasi antar universitas maupun Lembaga baik dalam dan luar negeri. Serta acara ISSMART dapat berjalan sukses tahun kedepannya” ujar Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc., Agr.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *