7 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Apa Sajakah?

KAMPUS, malangpost.id – Buat para siswa dan siswi kelas 12, sebentar lagi akan berpisah dengan seragam putih abu-abu. Saatnya untuk masuk ke dunia kuliah. Sebelumnya, semua siswa kelas 12 tentu perlu memikirkan jurusan apa yang akan diambil, termasuk anak IPA. Nah, sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah anak IPA, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Diantaranya, kamu perlu melihat nilai dan mata pelajaran apa yang kamu lebih unggul. Atau, kamu lebih enjoy belajar apa? Ada beberapa jurusan saintek di berbagai bidang yang bisa menjadi pilihan untuk anak IPA yang bisa kamu pertimbangkan. Mulai dari bidang kedokteran, ilmu komputer dan teknologi, serta teknik.

Berikut beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa jadi pertimbangan.

1. Kedokteran

Jurusan Kedokteran tentu sudah tak asing dan paling banyak peminatnya. Banyak anak IPA yang mengincar Fakultas Kedokteran untuk melanjutkan pendidikan. Jurusan ini akan mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhan serta karakteristiknya. Diantaranya adalah dasar pemahaman fisiologis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga pengobatannya. Selain itu, anak IPA juga bisa memilih jurusan Kedokteran Hewan dan Kedokteran Gigi.

Baca juga: 6 Cara Menggali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

2. Teknik Sipil

Teknik Sipil menjadi salah satu pilihan jurusan anak IPA yang diminati di bidang teknik. Jurusan saintek yang satu ini berkaitan dengan perancanangan bangunan dan pembangunan infrastruktur. Sebagai mahasiswa teknik, kamu akan diajarkan bagaimana caranya merancang desain konstruksi, memilih material yang cocok, dan mengatur sumber daya air. Ada banyak perguruan tinggi di Tanah Air yang memiliki jurusan Teknik Sipil, salah satunya adalah ITN Malang.

3. Teknik Geologi

Ini dia jurusan yang bisa dipilih anak IPA berikutnya, Teknik Geologi. Jurusan ini berkaitan dengan lingkup pengetahuan yang berkaitan dengan bumi. Mulai dari permukaan hingga isi bumi. Teknik Geologi akan mengkaji gas bumi, mineral, nikel, hingga emas. Ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari untuk menjadi ahli geologi, misalnya Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geotermal.

4. Informatika

Buat kamu yang menyukai teknologi, Jurusan Informatika jadi salah satu pilihan untuk anak IPA selain Jurusan Ilmu Komputer. Selama menempuh pendidikan, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah untuk memiliki keahlian dan menjadi ahli di bidang ini. Diantaranya adalah Sistem dan Jaringan Komputer, Rekayasa Lunak, Fundamental Pengembangan Aplikasi, dan Pengembangan Aplikasi Informatika Medis. Di samping itu, ada beberapa mata kuliah pilihan yang bisa diambil mahasiswa, seperti Big Data, Kapita Selekta Informatika Medis, Keamanan Siber dan Informasi, Forensika Digital, dan Intelijen Bisnis.

Baca juga: Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

5. Biokimia

Nah, ini dia salah satu pilihan jurusan kuliah anak IPA yang bisa jadi pertimbangan, Jurusan Biokimia. Jurusan Biokimia mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan bagaimana proses tersebut sedang berlangsung di makhluk hidup. Buat kamu yang menyukai biologi dan kimia, jurusan ini cocok untuk kamu. Lulusan dari Jurusan Biokimia pun terbuka lebar, diantaranya ahli biokimia, ahli biologi molekul, peneliti bioinformatika, dan ahli biofisika.

6. Ilmu Komputer

Di bidang teknik, anak IPA juga bisa memilih Jurusan Ilmu Komputer. Terutama buat kamu yang menyukai segala hal tentang komputer dan teknologi. Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dibutuhkan banyak lulusan ilmu komputer. Tak heran, peluang kerja untuk lulusan Jurusan Ilmu Komputer pun sangat luas. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari misalnya, Keamanan Informasi, Dasar Pemrograman, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi Geospasial, dan Data Mining.

7. Teknik Elektro

Nah, buat kamu yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan beragam aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, Jurusan Teknik Elektro bisa dipertimbangkan. Jurusan ini mempelajari tenaga listrik (arus kuat) serta beragam aplikasi yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Diantara yang dipelajari adalah sistem jaringan distribusi hingga sumber pembangkit tenaga listrik. Selama perkuliahan, kamu akan belajar tentang ilmu pengetahuan seputar konsep, perancangan, dan pengembangan. Tak ketinggalan, mempelajari juga produksi perangkat listrik dan elektronik.

Baca juga: Apa Itu Teknik Elektro? Dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jurusan kuliah untuk anak IPA

Itu tadi tujuh jurusan kuliah anak IPA yang bisa dipilih, mulai dari bidang kedokteran, teknik, dan ilmu komputer. Masih ada banyak lagi jurusan saintek yang bisa dipilih. Yang terpenting, ketahui dulu bakat dan minat kamu agar tidak salah memilih jurusan. Buat kamu yang ingin kuliah di bidang teknik, bisa memilih Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang). Kampus yang berada di Kota Malang ini memiliki beragam jurusan teknik di Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *