Tahun ini IKIP Budi Utomo Malang Berubah Jadi Universitas

KAMPUS, Malangpost.id – Rektor Budi Utomo Malang, Dr. H. Nurcholis Sunuyeko menyampaikan, IKIP Budi Utomo tahun ini akan berubah menjadi Universitas.

Memang menurut Nurcholis, IKIP Budi Utomo merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang hingga kini masih mempertahankan penyelenggaraan pendidikan guru dan ilmu pendidikan.

“Dulu guru itu harus melalui pendidikan keguruan dan ilmu pendidikan,” ungkap Nurcholis saat menghadiri acara pra-UKW PWI Malang raya kemarin, Jumat (18/9/2021)

Akan tetapi, karena saat ini seorang guru tidak harus menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang basisnya adalah IKIP, sehingga pihaknya berencana mengubah IKIP Budi Utomo menjadi universitas.

Nurcholis menambahkan, alasan lain untuk mengubah menjadi bentuk universitas. Karena untuk merespons perkembangan zaman, dan juga agar diversifikasi program studi dapat dilaksanakan.

“Sehingga kita bisa menyelenggarakan pendidikan atau perkuliahan secara lebih luas,” imbunnya

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyatakan, perguruan tinggi itu menggunakan nama besar organisasi pemuda Budi Utomo.

Sebuah organisasi yang menjadi cikal bakal organisasi pergerakan pemuda, ormas keagamaan, partai politik dan sebagainya.

Pria yang juga menjadi anggota Komisi X DPR RI ini melanjutkan, Budi Utomo didirikan oleh mahasiswa STOVIA dan diketuai oleh Dr. Soetomo.

Dengan nama besar yang disandang oleh IKIP Budi Utomo, Ahmad Basarah menekankan perlunya perguruan tinggi berubah menjadi universitas.

“Perlu kesadaran kita bersama, supaya status IKIP Budi Utomo bisa dinaikkan derajatnya menjadi Universitas Budi Utomo Malang,” pungkasnya

 

 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *