“BELATIK” Belajar Membatik Dilaksanakan oleh Mahasiswa UMM, PMM 86 di Desa Sumbergondo

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Netwriter_-2.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Ajakan_Netwriter-3.jpg

KAMPUS, Malangpost.id – Batik adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia yang patut untuk tetap dilestarikan hingga kini. Batik sendiri memiliki 3 macam yaitu batik tulis, batik cap, dan batik lukis.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) oleh mahasiswa UMM kelompok 86 gelombang 14 ini, melakukan kegiatan BELATIK belajar membatik di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh 5 mahasiswa UMM yang bekerjasama dengan Forum Anak Desa Sumbergondo (FOCS). 

Kegiatan ini dimulai dengan persiapan alat dan bahan oleh mahasiswa, dilanjutkan dengan proses membatik yaitu: menggambar pola batik, mencanting pola, mewarnai, mengeringkan warna. Lalu memberi waterglass agar warna tidak luntur. Kemudian mengeringkan waterglass dan yang terakhir melorot kain batik

Proses membatik ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkaya pengetahuan masyarakat khususnya anak-anak mengenai seni batik, sehingga diharapkan mampu melestarikannya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

venina

About the Author: venina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *