Lima Mahasiswa UM Mengabdi Untuk Desa Kemiri Melalui Program CSPIA Berbasis IPTEK

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Netwriter_-2.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Ajakan_Netwriter-3.jpg

KAMPUS, Malangpost.id – Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma yang ada di Perguruan Tinggi. Dalam kegiatan ini dijadikan sebagai momen oleh pentavictor team, sebagai aksi yang tidak hanya tertuju pada bidang akademik semata tapi juga masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwasanyya masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari generasi muda. Khususnya mahasiswa sebagai agen penggerak dan juga pendorong dalam perubahan.

Lima orang Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam pentavictor team. Guna menciptakan program Cycle System of Product Industrial Activities berbasis IPTEK. Hal ini untuk memberdayakan Stakeholder guna mewujudkan Desa Kemiri Sejahtera. Cycle System of Product Industrial Activities berbasis IPTEK merupakan solusi dalam membangun sistem ekonomi masyarakat Desa Kemiri, dengan cara mengoptimalkan sumber daya lokal potensi kulit kopi.

Sistem dan kompetensi inilah yang perlu dioptimalkan untuk dapat mendukung UMKM kulit kopi yang ada di Desa Kemiri. Hal ini dengan memberdayakan stakeholder yang ada di desa khususnya PKK Desa Kemiri. Kelompok PKK Desa Kemiri bersinergi dengan para petani kopi, pihak poduksi, pihak packaging, dan pemasaran dalam memaksimalkan proses usaha.

Pentavictor team terdiri dari Haydar Nur Arsyad (S1 Kimia 2018) selaku ketua, yang ditemani oleh rekannya Dewi Jalinan Izzah (S1 Kimia 2018) M. Furqon Hidayatullah (S1 Manajemen 2018) Lindia Rizkitasari (S1 Pendidikan Kimia 2020) dan Nisfatul Amarawardani (S1 Bioteknologi 2020). Serta di dampingi oleh dosen pembimbing Ibu Dr. Heny Kusdiyanti, S. Pd., M.M.

Kulit Kopi Kurang Dimanfaatkan Secara Maksimal oleh Masyarakat

Saat dilakukan kunjungan ke Desa Kemiri yang menjadi masyarakat mitra dari program CSPIA berbasis IPTEK. Didapatkan fakta bahwa selama ini limbah kulit kopi dijadikan sebagai pangan ternak atau dibuang begitu saja. Dimana jika limbah kulit kopi ini diolah kembali menjadi sebuah produk akan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena rasanya yang unik dan memiliki segudang manfaat.

Selain kulit kopi yang kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Permasalahan lain yang dialami masyarakat Desa Kemiri ada pada sumber daya manusia Desa Kemiri. Khususnya PKK Desa Kemiri yang tidak aktif dalam kegiatan pemberdayaan desa.

 “Selama ini PKK di Desa Kemiri tidak aktif dan tidak produktif karena tidak ada agenda rutin yang dikerjakan.” ungkap ibu Tumiasih selaku ketua PKK Desa Kemiri pada saat sesi wawancara.

Permasalahan ini diperkuat dengan kurangnya sinergi antara masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal desanya berupa limbah kulit kopi. Juga salah satu kendala terbesarnya yakni pendapatan penduduk Desa Kemiri yang dibawah standar, karena kebanyakan latar pendidikan penduduk Desa Kemiri hanya lulusan SD (2.786). Sedangkan yang tidak tamat SD (351) orang, dan juga rata – rata mata pencaharian dari penduduk sebagai Petani dan Peternak.

Olahan Kulit Kopi Menjadi Minuman Seduh (Teh) Bernama TEKOKO

Program Cycle System of Product Industrial Activities berbasis IPTEK dilakukan sesuai dengan kebutuhan yaitu 1 kali sosialisasi secara offline dan 2 kali pelatihan secara online. Materi yang diberikan pada kegiatan tersebut yakni mengedukasi kelompok PKK tentang Cycle System of Product Industrial Activities berbasis IPTEK.

Kemudian, materi yang akan diberikan pada kegiatan pelatihan mendatang yakni melatih kompetensi entrepreneur. Kompetensi ini seperti 3R (Rebranding, Repackaging, Repositioning) yang berbasis IPTEK pada pengolahan kulit kopi menjadi minuman olahan teh seduh yang akan dijalankan oleh PKK dan stakeholder di Desa Kemiri.

Salah satu pelatihan dari program CSPIA Berbasis IPTEK yakni membuat produk dari kulit kopi menjadi olahan minuman seduh (teh) yang memiliki nama brand produk TEKOKO. Dalam produk olahan minuman seduh tersebut memiliki tiga varian rasa diantaranya rasa original, rasa strawberry, dan juga rasa apel.

Melalui program CSPIA berbasis IPTEK ini diharapkan kelompok PKK yang sebelumnya non produktif bisa produktif kembali. Hasil dari limbah kulit kopi dapat dimanfaatkan melalui kelompok PKK sebagai kader CSPIA berbasis IPTEK. Guna mengolah menjadi produk oleh-oleh khas Desa Kemiri. Dengan terbentuknya kader dari CSPIA berbasis IPTEK sebagai penggerak untuk melaksanakan program CSPIA berbasis IPTEK hingga mandiri. Sehingga menciptakan usaha yang legal dalam memproduksi kulit kopi menjadi olahan minuman seduh (teh) melalui izin PIRT.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Nisfatul

About the Author: Nisfatul Amarawardani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds