Cinta Rupiah Lewat Sejarah, BI Corner Perpustakaan Pusat UIN Malang Adakan Virtual Tour di Museum Bank Indonesia

KAMPUS, Malangpost.id – BI (Bank Indonesia) Corner Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adakan Virtual Tour Museum Bank Indonesia pada Selasa (21/9). Acara ini merupakan salah satu program kerja yang biasa disebut dengan Fambicling (Family BI Corner Traveling). Virtual tour ini dilaksanakan melalui portal zoom karena saat ini masih dalam kondisi pandemi dan diikuti oleh masyarakat umum.

“Biasanya sebelum covid, program kerja ini kami laksanakan dengan jalan-jalan mengunjungi UMKM atau usaha binaan Bank Indonesia,” jelas Laras, panitia penyelenggara kepada tim malangpost.

Acara virtual tour ini dipandu oleh dua orang guide dari Museum Bank Indonesia. Virtual tour ini mengusung tema “Cinta Rupiah Lewat Sejarah”. Peserta virtual tour tak hanya diajak untuk jalan-jalan secara daring, tetapi juga mendapatkan edukasi mengenai sejarah uang  dan diajak untuk mengenal BI lebih dalam.

Virtual Tour Museum Bank Indonesia (Sumber : BI Corner Perpustakaan Pusat UIN MALANG)

Respon dan Antusias Positif Meski Dilakukan Daring

Peserta virtual tour juga diperlihatkan bagaimana mesin pencetak uang, hal-hal yang berkaitan dengan nilai uang dan bagaimana fungsi rupiah yang digunakan oleh warga Indonesia.

“Beliau menjelaskan tentang sejarah Museum Bank Indonesia, perjalanan Bank Indonesia, dan melihat koleksi-koleksi yang ada di Museum Bank Indonesia,” jelasnya.

Acara ini mendapat repon dan antusiasme yang positif meskipun dilakukan secara daring. Peserta virtual tour yang hadir cukup banyak dan antusiasme peserta terlihat dalam menjawab quiz agar bisa mendapatkan souvenir dari Museum Bank Indonesia.

“Terbukti dengan kehadiran peserta yang lengkap mencapai 100 orang,” jelas Laras.

Melalui virtual tour ini tim BI Corner Perpustakaan Pusat UIN Malang berharap komunitas mereka bisa menjadi penghubung antara Bank Indonesia dengan masyarakat. BI Corner Perpustakaan Pusat UIN Malang merupakan  komunitas yang dibawahi oleh Bank Indonesia secara resmi.

Rupiah sebagai symbol kedaulatan RI, tercantum dalan UU Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011. Berdasarkan UU ini komunitas BI Corner Perpustakaan Pusat Corner UIN Malang  berupaya untuk mengenalkan lebih banyak hal tentang rupiah yang tidak hanya berfungsi sebagai nilai tukar yang sah di negara Indonesia tetapi juga merupakan wujud dari identitas suatu bangsa.

“Kami membantu masyarakat untuk lebih mengenal dan paham tentang rupiah. Karena bagaimana kita bisa mencintai kalau belum mengenalnya?”, pungkasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *