Digital Marketing, Pekerjaan yang Lagi Hits Zaman Now!

KAMPUS, malangpost.id – Selama beberapa tahun terakhir, pertumbuhan penggunaan internet terus meningkat pesat. Seiring dengan ini, terjadi juga perubahan di bidang pemasaran. Pangsa pasar mulai bergeser, dari semula offline kini perkembangan ekonomi digital juga ikut meningkat. Karenanya, banyak perusahaan kini melakukan pemasaran secara online melalui marketing digital.

Bahkan, kini pemasaran digital menjadi suatu bagian yang nyaris tak terpisahkan dari strategi pemasaran kebanyakan pebisnis saat ini. Jika seorang pemasara konvensional dapat menangani berbagai hal sekaligus, tidak dengan pemasaran digital. Diperlukan seorang digital marketer yang menguasai keahlian teknis yang spesifik.

Apa itu digital marketing?

Pemasaran digital adalah kegiatan yang memasarkan suatu produk atau jasa menggunakan platform digital melalui internet. Media digital yang digunakan diantaranya email, website, blog, iklan online, media sosial, dan sebagainya.

Dalam pekerjaanya, digital marketer bertanggung jawab dengan segala hal yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produk/usaha secara digital. Digital marketer menggunakan beberapa teknik pemasaran, diantaranya Seperti Search Engine Optimization (SEO), Video Marketing, dan Social Media.

Prospek kerja

Dengan perkembangan teknologi saat ini, prospek kerja sebagai digital marketing terbuka lebar. Hal ini karena konsumen banyak yang beralih berbelanja secara online, sehingga potensi industri e-commerce semakin meningkat. Karenanya, potensi karier di bidang ini sangat luas.

Digital marketer bisa bekerja di perusahaan swasta, startup, agensi, hingga konsultan marketing. Berikut beberapa peluang karier di bidang digital marketing.

Social media strategist

Salah satu prospek karier di bidang pemasaran digital adalah social media strategist. Dalam pekerjaanya, posisi ini bertugas untuk membuat konsep dan merancang distribusi content campaign marketing di social media.

Social media specialist

Untuk pekerjaan ini, seseorang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian konten di media sosial.

Digital strategist

Nah, kalau digital strategist adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan membuat ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.

SEO specialist

Agar sebuah website menarik perhatian pengunjung, diperlukan SEO specialist. Mereka bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.

Pengetahuan dan keterampilan

Buat kamu yang ingin terjun bekerja di bidang pemasaran digital, ada beberapa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

Untuk menjadi ahli digital marketer, setidaknya kamu perlu memiliki:

  • Kemampuan riset pasar
  • Mampu berpikir strategis
  • Keterampilan berkomunikasi dan menguasai bahasa asing
  • Penguasaan alat analisis situs
  • Pemahaman SEO/SEM

Selain itu, seorang digital marketer perlu memahami beberapa ilmu, seperti advertising, jurnalistik, dan manajemen bisnis.

Kamu bisa mempelajari beberapa pengetahuan dan keterampilan tersebut di perguruan tinggi. Ada beberapa jurusan yang bisa membantu kamu, diantaranya adalah Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Bisnis Digital. Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang),  kampus yang berada di Kota Malang, Jawa Timur adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Informatika dan Bisnis Digital. Untuk informasi lebih detail, kamu bisa langsung kunjungi situs resmi ITN Malang melalui link https://itn.ac.id/.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds