SIGAP, Tanggapi Obesitas Pada Anak, Bawa Tiga Mahasiswa UIN Malang Raih Prestasi

KAMPUS, Malangpost.id – Tiga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) UIN Malang raih juara 1 dalam ajang Medical Sebelas Maret Scientific Competition (Medsmotion) 2021. Tiga mahasiswa tersebut tergabung dalam satu tim yang diketuai oleh M. Daffa Abhista Reviansyah dan beranggotakan Hafidha Camila Arif dan Mahasya Khafiralia.

Medsmotion tahun ini mengangkat tema Current Update of Management on Nutritional Disease to Support Future Health and Well-being of Global Population. Tiga mahasiswa tersebut berhasil memenangkan perlombaan dengan menyusun karya ilmiah yang berjudul “Ingat Sigap Cegah Obesitas pada Anak”.

Daffa menjelaskan jika SIGAP ialah singkatan yang digagas oleh timnya, untuk memudahkan dalam menyampaikan materi edukasi mengenai obesitas anak pada masyarakat.

“Memberikan edukasi untuk sarapan tiap pagi (SIGAP), batasi main gadget, perbanyak aktivitas, dan jangan lupa atur pola makan,” jelas Daffa, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (22/9).

Sertifikat penghargaan yang diterima. (Sumber: MP.id)

Topik Terinpirasi dari Prevalensi Obesitas pada Anak

Ia juga menjelaskan alasan mengapa ia dan timnya memilih untuk mengangkat obesitas sebagai topik dalam karya ilmiahnya. Pemilihan topik yang diangkat terinspirasi dari prevalensi obesitas pada anak saat ini cukup tinggi. Apalagi ketika diberlakukannya sekolah daring. Sehingga aktivitas fisik anak berkurang dengan pesat. Asupan energi dari makanan terus diberikan tanpa aktivitas fisik yang mengimbangi. Hal ini menjadi peluang untuk meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Melalui karya tulis yang sudah mereka rampungkan, harapannya memberikan dampak positif untuk masyarakat terlebih orang tua untuk memperhatikan dan mencegah obesitas pada anak-anak mereka.

“Tim memberikan edukasi pada anak dan orang tua akan pencegahan obesitas sejak dini,” jelasnya.

Daffa juga menjelaskan ia dan timnya telah menyiapkan materi dalam perlombaan ini sejak bulan Juni. Mereka memulai mempersiapkan materi sejak awal Juni, melakukan pengambilan video pada 18-19 Juni 2021 dan memproses video untuk editing pada tanggal 20-27 Juni 2021.

Semua teknis perlombaan yang diikuti oleh universitas terkemuka lainnya tersebut dilaksanakan secara daring. Hal ini dimulai dari tahap penyisihan yang dinilai juri dan voting melalui Instagram. Kemudian dilanjutkan dalam babak presentasi yang diselenggarakan melalui zoom meeting.

Dekan FKIK UIN Malang Prof. Dr. Dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes,Sp.Rad(K) memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi . Harapannya mahasiswa tak mudah merasa puas dan memiliki keinginan yang lebih untuk mengembangkan kemampuan dan raih prestasi.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *