PTKIN Unggul Menjadi Target di Hari Jadi UIN Maliki Malang ke-60 dan HSN 2021

KAMPUS, Malangpost.id – Punya Target Jadi PTKIN Unggul dan Bereputasi Internasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang cari input yang Kompeten UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki target menjadi PTKIN yang unggul dan bereputasi internasional dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk itu input yang bagus di bidang keagamaan menjadi salah satu hal yang penting untuk menyongosong visi tersebut. Sehingga pada peringatan Hari Lahir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-60 dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, pihak kampus memberikan apresiasi bagi santri yang pandai membaca kitab kuning untuk dapat masuk di prodi keagamaan.

Dalam kegiatan lain akan diadakan lomba yang dapat menarik input yang bagus di bidang sains.
Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, S.Ag, M.Si mengatakan peringatan Hari Lahir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-60 dan HSN 2021 disemarakan dengan berbagai perlombaan, bakti sosial, khotaman al-Quran hingga penghargaan bagi para alumni.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 26 Oktober sampe 5 November 2021. “Acara ini sebagai bentuk apresiasi pihak kampus bagi para santri, dosen, mahasiswa dan alumni yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang moderat.

“Santri identik ngaji kitab kuning, mengaji qowaid nahwu-shorof dan sosok yang mandiri. Makanya santri yang mengikuti lomba dan menjadi juara 1-3 kategori lomba baca kitab dan hafalan nadhom akan diberikan kemudahan gratis masuk prodi keagamaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”, tutur Ilfi.

Lomba Dilakukan Via Online dan Offline

Senada dengan Ilfi, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag menambahkan jika lomba yang digelar disesuaikan dengan dunia santri seperti lomba baca kitab Fathul Qorib, hafalan Alfiyah, Imrithi, Aqidatul Awam, dan Kajian Keagamaan.

“Lomba tersebut dilaksanakan mulai hari ini via online. Lomba desain logo, maskot dan video kreatif juga dilaksanakan di hari yang sama ”, ujar Gus Is sapaan akrab Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag .

Sementara Ketua Pelaksana Hari Lahir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-60 dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Dr. H. Nur Ali, M.Pd menegaskan selain lomba untuk para santri, pihak kampus juga menggelar penulisan Book Chapter dengan tema besarnya “Santri Penggerak, Santri Merdeka”.

Adapun sub-tema yang ditulis di dalam buku berkaitan dengan santri di era pandemi, santri dan bonus demografi, santri millenial di era society 5.0, transformasi pesantren, Indonesia di mata santri dan problem sosial.

“Book Chapter sebagai wadah untuk menuangkan gagasan para santri, dosen, mahasiswa dan alumni lewat karya yang berkualitas”, tegas Nur Ali.

Pria Asal Lamongan tersebut menambahkan pihak kampus juga tak ketinggalan untuk melibat masyarakat dalam semarak hari lahir kampus dan HSN kali ini. Yaitu dengan memfasilitasi masyarakat dengan menggelar sunatan gratis. Rencananya kegiatan tersebut akan akan digelar besok pagi (27/10) di Klinik UMMI.

“Khotaman al-quran, pembinaan mental spiritual, sholawatan dan senam juga ikut meramaikan Hari lahir kampus dan HSN tahun ini”, pungkas Nur A

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Tasniah

About the Author: Tasniah Fauzi

Suka mempelajari hal-hal baru dan masih terus berproses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds