Mahasiswa UB Bikin Alat Pembunuh Virus

KAMPUS, Malangpost.id – Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang membentuk alat penjernih udara bernama AlRings. Mereka juga melengkapi AlRings dengan pembunuh virus.

Alat sterilisasi yang bisa digunakan pada tempat tertutup, atau sarana transportasi publik ini, terinspirasi akan kesadaran terkait keperluan udara bersih.

AlRings juga dipercaya dapat membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 di dalam ruang tertutup. Caranya dengan dilemahkannya virus saat masih berada di udara.

Salah satu anggota kelompok, Ihza Aulia Rahman menuturkan, AlRing terbentuk dengan menggabungkan teknologi filtrasi udara dengan sinar UV dan ozon. Tujuannya untuk menghasilkan udara yang bersih dan bebas virus.

Ia meneruskan, awalnya tim memfokuskan pemakaian alat di sekolah. Mengingat PTM terbatas sudah mulai terlaksana, namun masih ada kekhawatiran orang tua terkait penularan Covid-19.

Baca Juga: 142 Wisudawan Tahfizh UIN Malang diharapkan Bisa Kaitkan Al-Qur’an dengan Bidang Keilmuan

“AIRings dapat mengurangi penyebaran virus,” tekan Ihza.

Dalam penyusunannya Ihza tidak sendiri. Ia ditemani mahasiswa dari Fakultas Teknik. Yakni Abdul Mudjib Sulaiman, Charis Maulana, dan Shafina Rifdhayanti Zein, dan dibimbing oleh Eka Maulana ST MT.

Merupakan Kombinasi dari HEPA Filter

Sementara itu Mudjib menambahkan, AlRing merupakan kombinasi dari HEPA filter yang digunakan sebagai penjernih udara di kabin pesawat. Selain HEPA filter, alat ini juga menggunakan lampu UV-C yang dapat mematikan virus.

“AIRings juga dilengkapi dengan alat yang dapat memecah oksigen menjadi ozon. Penggunaan ozon dapat menghancurkan virus serta mengakibatkan kerusakan pada DNA dan RNA,” tegasnya.

Baca Juga: Lima Mahasiswa Universitas Brawijaya Gagas Kampung Dolanan Celaket

Dia menambahkan, pemberian ozon dalam AlRing dalam bentuk kabut dan harus diawasi. Perlu pengawasan, sebab jika ozon melebihi standar aman justru akan bermasalah pada pengguna.

Sedangkan untuk metode, menggunakan plasma tegangan tinggi yang dapat mengurangi aktivitas virus. Alat ini mampu menghisap udara dengan rentang masing-masing 14 meter ke kanan dan ke kiri, tanpa perlu menghitung jumlah orang di dalam ruangan tersebut.

Berkat inovasi ini, tim AlRing berhasil mendapat predikat Juara II PLN ICE, sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Listrik Nasional.

Dalam ajang tersebut, mereka juga berhasil memperoleh pendanaan untuk merampungkan penelitian dan uji tahap akhir, setelah bersaing dengan 400 tim inventor se-Indonesia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

4 Comments

  1. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me? https://www.binance.com/zh-TC/register?ref=PORL8W0Z

  2. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

  3. of course like your web site but you have to check the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth nevertheless I will certainly come back again.

  4. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me? https://www.binance.info/zh-CN/join?ref=OMM3XK51

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds