7 Fakta Menarik Tentang UIN Maliki Malang, Check!

Simat 7 fakta menarik UIN Malang di sini

KAMPUS, malangpost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim atau lebih dikenal dengan nama UIN Malang adalah salah satu perguruan tinggi negeri berbasis agama Islam yang ada di Malang, Jawa Timur. UIN Malang memiliki julukan Kampus Ulul Albab dengan 4 pilar utama universitas. Yaitu, keluhuran akhlak, kedalaman spritual, keluasan ilmu, dan kematangan profesional. Jadi, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi juga mendapatkan ilmu agama sebagai bekal menjadi lulusan yang berakhlak mulia.

Buat kamu siswa kelas 12 yang ingin meneruskan pendidikan tinggi berbasis Islam terbaik di Indonesia, UIN Malang bisa jadi pilihan terbaik. Kampus ini memiiki kurikulum yang dinilai baik. Tak ketinggalan pelayanan, sarana dan prasarana, serta kegiatan mahasiswa. Sebelumnya, ketahui dulu fakta-fakta menarik dari UIN Malang untuk kamu ketahui!

1. Universitas berbasis syariah terakreditasi A

Saat ini, bisnis syariah sangat berkembang dalam kehidupan masyarakat global. Karenanya, UIN Malang mempersiapkan mahasiswa dan mahasiswi sebagai pengembang ilmu syariah. Mulai dari ekonomi, sosial, dan budaya. UIN Malang menjadi salah satu kampus negeri berbasis Islam yang terakreditasi A.

2. Memiliki 8 fakultas dan 32 program studi

UIN Malang memiliki 8 fakultas dan juga 32 jurusan atau program studi termasuk di dalamnya program sarjana (S1), master (S2), dan juga doctoral (S3). Sebagian besar jurusan di UIN Malang telah terakreditasi A, sebagian lainnya terakreditasi B. Sedangkan 1 jurusan baru terakreditasi C.

Salah satu jurusan favorit di UIN Malang adalah Jurusan Kedokteran. Tak hanya jurusan umum, di kampus ini kamu bisa memilih beberapa jurusan yang sangat khas akan keislamannya. Diantaranya Perbankan Syariah,  dan Hukum Bisnis Syariah.

iklan-dinas-kominfo

Baca juga: Ini Detail FITK UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

3. Mengadopsi sistem pesantren modern

UIN Malang mengadopsi kampus dengan sistem pesantren modern yang berorientasi pada keagamaan. Salah satunya dengan adanya asrama mahasiswa atau ma’had. Pada tahun pertama, seluruh mahasiswa baru wajib berada di asrama. Selama berada di asrama, mahasiswa akan belajar dan mendalami kitab yang bertujuan meningkatkan keimanan dan membentuk karakter mahasiswa.

4. Program bahasa asing

Salah satu keunggulan yang dimiliki UIN Malang adalah program pengembangan bahasa asing untuk semua mahasiswa baru. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menjadi materi utama yang diajarkan selama pendidikan di tahun pertama saat mahasiswa menetap di asrama. Program ini bertujuan sebagai bekal komunikasi agar mahasiswa bisa menghadapi persaingan global.

5. Kampus yang asri dan infrastruktur lengkap

Dalam kompleks UIN Malang, kamu akan menemukan banyak gedung-gedung tinggi. Namun, ada banyak rimbunan pepohonan yang membuat suasana kampus terasa sejuk dan asri. Selain itu, UIN Malang juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap yang cukup mewah. Mulai dari kafe, masjid, sarana olahraga, laboratorium, dan banyak lainnya.

Baca juga: UIN Malang 2021 (Part 1) : Program Studi dan Daya Tampung

6. Tersedia beasiswa

Biaya kuliah di UIN Malang terbilang cukup terjangkau untuk kampus terbaik di Indonesia. Selain itu, UIN Malang juga menyediakan banyak beasiswa untuk membantu mahasiswa membayar UKT, penelitian, ataupun biaya hidup sehari-hari. Kamu bisa sering-sering mencari informasi agar tidak ketinggalan untuk mendapatkan beasiswa.

7. Khotmil Quran

Dengan mengadopsi pesantren modern, mahasiswa atau biasa disebut mahasantri di UIN Malang, mendapatkan kegiatan Khotmil Qur’an. Ini adalah salah satu pembelajaran yang diadakan oleh pihak ma’had setiap malam Jumat di akhir bulan. Pada waktu tersebut, mahasiswa akan berkumpul untuk mengikuti kegiatan mengaji bersama. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menumbuhkembangkan rasa kecintaaan terhadap Al Quran.

Itu tadi 7 fakta menarik tentang UIN Maliki Malang untuk kamu ketahui. Jadi, tak perlu ragu untuk melanjutkan kuliah di salah satu kampus Islam negeri terbaik di Tanah Air.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds