Kolaborasi Bersama Sekolah Luar Negeri untuk Tingkatkan Kemampuan Siswa Berbahasa Asing

DIKSAR, Malangpost.id – Upaya sekolah dalam meningkatkan kemampuan siswa, dapat terlaksana dengan berbagai cara. 

Salah satunya dengan membangun jejaring atau kolaborasi antar sekolah. Baik yang ada di dalam negeri, maupun sekolah yang ada di luar negeri.

SD Aisyiyah Kamila Malang misalnya, telah membangun jejaring dengan sekolah dari berbagai negara. Mulai dari India, Korea, Florida, Nepal, Malaysia, Perancis, Turki, Sri Lanka, Afrika, hingga Rusia.

Kepala SD Aisyiyah Kamila Malang, Reni Nur Faridah mengaku, tujuan membangun kolaborasi adalah untuk membangun kemampuan bahasa asing yang baik bagi siswa.

“Lalu supaya siswa memiliki pengetahuan tentang perbedaan bahasa, tradisi dan lain sebagainya terhadap negara-negara lain,” ujarnya, Kamis (24/11/2021).

iklan-dinas-kominfo

Baca Juga: PTM Terbatas, SD Aisyah Kamila Malang Tekankan Pembentukan Karakter Siswa

“Kemudian juga untuk memotivasi siswa agar memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri,” sambung Faridah.

Bentuk kolaborasi yang sekolah jalankan, menurutnya adalah dengan bertukar pengalaman, lalu bertukar hasil karya  lewat zoom meeting, dan korespondensi melalui kantor pos.

“Dengan demikian siswa semakin semangat belajar bahasa asing, dan memiliki kemampuan bahasa asing dengan baik secara aktif,” tegas Faridah.

Dalam program yang dikoordinir oleh Emi Fatmawati, Bidang Kemahasiswaan dan dibantu oleh Urifah salah satu guru SD Aisyiyah Kamila Malang tersebut, siswa akan mengikuti program secara bergantian.

“Tidak semua siswa mengikuti, namun berdasarkan kelas yang diinginkan, secara bergantian,” imbuhnya.

Faridah lantas berharap, semua siswa dapat memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif, dan bisa berkolaborasi lanjutan secara tatap muka langsung dengan pergi ke luar negeri.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *