Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di UIN Maliki Malang, Check!

KAMPUS, malangpost.id – Selain Yogyakarta dan Bandung, Malang menjadi salah satu kota pelajar di Indonesia yang jadi favorit dan incaran para calon mahasiswa. Ada banyak faktor yang membuat kota ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tinggi. Salah satunya adalah Kota Malang memiliki sederet kampus ternama, termasuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Malang.

Buat kalian yang duduk di kelas 12 SMA, pastinya sudah memikirkan untuk memilih perguruan tinggi setelah lulus nanti. Nah, UIN Malang bisa jadi pilihan tujuan sebagai kampus tempat belajar nanti. Selain merupakan universitas negeri terbaik, ada beberapa alasan kampus ini layak menjadi pilihan kalian. Apa saja yah kira-kira?

Suasana kota yang mendukung

UIN Maulana Malik Ibrahim atau biasa dikenal dengan UIN Malang berada di Kota Malang. Kota ini terkenal dengan udara sejuknya karena terletak di kaki Gunung Arjuna. Suhu rata-rata di kota ini sekitar 240-300C yang membuatnya tetap sejuk meskipun di musim kemarau. Sebagai kota pelajar, Kota Malang juga memiliki fasilitas lengkap yang menunjang kebutuhan para mahasiswa.

Baca juga: Ini Organisasi Yang Bisa Diikuti Jika Sukses Menjadi Mahasiswa UIN Maliki Malang

Berbasis syariah dan mengadopsi pesantren

UIN Malang merupakan universitas berbasis syariah yang menerapkannya di seluruh bidang keilmuan yang ada di kampus ini. Selain itu, kampus ini juga menerapkan sistem pesantren yang bertujuan agar para mahasiswa atau biasa disebut mahasantri memiliki keluhuran akhlak dan kedalaman spritual. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan berorientasi pada keagamaan, seperti pengkajian Al Qur’an (Tajwid) dan kitab fikih.

iklan-dinas-kominfo

Menuju World Class University

Menghadapi perkembangan dunia di era globalisasi, UIN Malang juga dituntut untuk mempersiapkan diri sebagai World Class University. Karenya, kampus melakukan pengembangan program yang bertujuan agar mahasiswa memiliki kualitas dan mampu bersaing secara global.

Mahasiswa baru wajib tinggal di pondok

Layaknya pesantren, mahasiswa baru UIN Malang wajib tinggal di dalam pesantren selama tahun pertama. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa mendapatkan kegiatan pendidikan keagamaan yang lebih terprogram. Mahasiswa akan dipersiapkan untuk mengikuti program pengembangan bahasa asing dan beragam kegiatan keagamaan seperti khotmil Qur’an.

Lingkungan hijau

Tidak hanya suasana Kota Malang yang sangat mendukung kegiatan belajar, lingkungan di UIN Malang sendiri juga sangat nyaman. Universitas ini dikenal sebagai kampus hijau karena banyak terdapat pohon besar dan tanaman-tanaman lainnya. Hal ini membuat suasana sekitar kampus terasa hijau menyegarkan dan sejuk sekalipun dalam cuaca panas. Mahasiswa bisa sejenak berisitrahat setelah melakukan berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik.

Fasilitas dan penunjang

Salah satu alasan lain kamu bisa memilih UIN Malang yaitu dengan adanya fasilitas dan penunjang lainnya yang disediakan untuk mahasiswa. Kampus dilengkapi dengan fasilitas fisik seperti laboratorium, perpustakaan dengan ratusan koleksi buku dari berbagai ilmu, hingga internet selama 24 jam nonstop.

Baca juga: Organisasi Kemahasiswaan (UKM) UIN Maliki Malang Part 2

Program beasiswa

Tidak hanya fasilitas fisik, UIN Malang juga memperhatikan kesejahteraan mahasiswa dengan biaya kuliah yang terjangkau. Selain itu, ada banyak beasiswa yang ditawarkan untuk biaya UKT maupun biaya hidup sehari-hari. Jadi, buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa harus aktif mencari info lengkapnya agar tidak ketinggalan.

Itu tadi beberapa alasan UIN Malang agar kamu semakin mantap memilih kuliah di kampus ini. Nah, agar bisa lolos seleksi masuk kampus ini, kamu perlu mempersiapkan diri sejak sekarang. Selamat berjuang!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds