Rektor UIN Malang Ungkap Mahasiswa Bisa Bahas Persoalan SDGs

KAMPUS, Mlangpost.id – Saat memberi sambutan dalam acara Parlemen Kampus 2021 di Gedung Rektorat laintai 5, Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin menyampaikan persoalan tentang SDGs (Sustainable Development Goals) bisa dibahas oleh mahasiswa UIN Maliki Malang.

“Sebab pembelajaran mahasiswa UIN Maliki Malang adalah integrated learning, maka persoalan ini bisa dicari di dalam Al Qur’an maupun Al Hadits,” imbuhnya, Rabu (8/12/2021).

Sebab menurutnya, mahasiswa sebagai manusia memiliki relasi vertikal dan horizontal. Relasi vertikal adalah dengan tuhan (teologis), serta relasi horizontal antara manusia dengan sesamanya (sosiologis), dan relasi manusia dengan lingkungan (kosmologis).

Baca Juga: Wakil DPR RI Kupas Pentingnya Pikiran Kritis di Parlemen Kampus UIN Malang

“Persoalan kosmologis ini sangat penting, ketika saat ini ada problem pemanasan global kibat kerusakan lingkungan. Maka itu menjadi tanggung kita semua. Khususnya mahasiswa UIN Malang untuk menciptakan lingkungan yang asri, bersih, aman dan seterusnya,” tutur Prof Zainuddin.

Guna mendukung itu, memerlukan perumusan kebijakan sebagai upaya membentuk kondisi yang baik, sejahtera  dan aman lingkungannya.

SDGs sendiri merupakan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global. Agenda itu menjadi program pembangunan berkelanjutan. Ada didalamnya 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dan telah disepakati oleh 193 negara anggota termasuk Indonesia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

  1. Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks! https://www.binance.info/sl/join?ref=T7KCZASX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds