Akuntansi UIN Malang, Tertarik? Cek Dulu Profilnya!

Terwujudnya Program Studi Akuntansi integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional.

KAMPUS, Malangpost.id – Masih tentang Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, yang mana di dalamnya terdapat beberapa program studi yang banyak menarik minat para calon mahasiswa sepanjang berdirinya fakultas tersebut. Sebut saja program studi Manajemen dan Akuntansi. Nah kali ini akan kita kupas tuntas mengenai program studi Akuntansi UIN Malang. Mari kita simak paparannya berikut ini!\

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim menawarkan program S-1 dengan kurikulum yang up to date, penekanan pada keterampilan dalam bidang akuntansi dan pajak serta keterampilan berbahasa melalui program bilingual bahasa Arab dan Inggris. Melalui bahasa arab, mahasiswa diharapkan mampu melakukan kajian islam melalui bahasa inggris mampu mengkaji ilmu-ilmu modern dan sebagai pirantikomunikaso global. Dengan model pendidikan seperti ini Jurusan Akuntansi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan menghasilkan akuntansi Ulul Albab’ dan berpredikat ulama yang intelek professional dan atau intelek professional yang ulama yang mampu bersaing di dunia global.

Visi

Menjadi yang terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang akuntansi yang memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bercirikan islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Misi

Mengantarkan mahasiswa Program Studi Akuntansi agar memiliki kematangan akidah, kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak melalui pembelajaran di Ma’had (pondok pesantren) dan perkuliahan PKPBA serta perkuliahan matakuliah dasar, memliki keluasan ilmu dan kematangan profesional di bidang Akuntansi serta jiwa entrepreneur yang berwawasan regional, nasional dan global yang dilandasi oleh spirit ajaran dan nilai-nilai islam. Menguasai ketrampilan berbahasa (Arab & Inggris) dan penugasan serta pemanfaatan teknologi informasi; menjadi kader ulama yang mampu memimpin dan menggerakkan kehidupan dengan nilai-nilai islam di masyarakat; mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah; mengembangkan jiwa ekonom Ulul Albab bagi seluruh civitas akademika.

Baca Juga : Prodi Manajemen UIN Maliki Malang Digandrungi Peminat

Profil Lulusan

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
  2. Berjiwa Pancasila dan UUD 1945
  3. Berwawasan Ilmu pengetahuan (IPTEK) dan iman taqwa (IMTAQ) secara terpadu.
  4. Intelek profesional yang ulama bidang Akuntansi, dan ulama yang intelek profesional di bidang Akuntansi.
  5. Sumber daya insani yang handal di bidang Akuntansi sebagai ilmu murni sehingga dapat mem-back-up pengembangan ilmu ekonomi terapan.
  6. Sarjana yang sujana, siap dilatih untuk mengembangka segala bidang dengan landasan ke-ekonomian terutama Akuntansi.
  7. Sumber daya insani yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembangunan dalam bidang akuntansi khususnya penggunaan Teknologi Informasi yang sasarannya untuk menyonsong kegiatan pembangunan dalam era industrialisasi di Indonesia.

Kompetensi Lulusan

Pengetahuan dan Pemahaman :

  1. Memahami dasar-dasar akuntansi
  2. Memahami konsep, teori dan praktik akuntansi
  3. Memahami pentingnya penelitian dan pengembangan terus menerus dalam disiplin akuntansi.

Ketrampilan intelektual, Praktik dan Manajerial :

  1. Mahasiswa mampu menyusun dan melakukan analisis laporan keuangan
  2. Mahasiswa mampu menyusun sistem informasi akuntansi
  3. Mahasiswa mampu dalam bidang perpajakan dan zakat.
  4. Mahasiswa mampu melakukan audit keuangan.

Sikap dan Perilaku Moral :

  1. Menjadikan keridhoan Allah SWT sebagai motivasi dalam bekerja.
  2. Menjunjung tinggi norma moral, norma hukum, norma sopan santun dan etika profesi.
  3. Mengembangkan kejujuran, kedisiplinan, keingintahuan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi,  kooperatif, amanah dan empatik.

Fasilitas

  1. Ma’had (Asrama pondok pesantren)
  2. Perpustakaan
  3. Lab Kewirausahaan
  4. Lab Akuntansi Keuangan
  5. Tax Center

Itulah tadi informasi tentang Program Studi Akuntansi UIN Malang. Jadi, buat kamu yang memiliki rencana untuk kuliah di jurusan ini, sudah memiliki gambaran dan bisa mempersiapkan diri agar bisa masuk ke UIN Malang dengan cara klik di sini !

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

rifamahmudah

About the Author: rifamahmudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds