Dosen UIN Malang bagi Kiat Menulis bagi Pemula, Yuk Cek

KAMPUS, Malangpost.id – Bagi sebagian orang, menulis menjadi sebuah kegiatan yang susah untuk dilakukan.

Maka dari itu, Mira Shartika MA TESL salah satu narasumber di acara Academic Writing Pascasarjana UIN Malang berbagi kiat menulis bagi pemula.

Dosen Sastra Inggris UIN Maliki Malang ini menjelaskan, pertama yang mesti dalam menulis adalah dengan menentukan topik yang eksklusif. Topik itu menjelaskan posisi seorang penulis dalam karyanya.

Baca Juga: Pascasarjana UIN Malang beri Bekal Menulis bagi Mahasiswa

Setelah menentukan topik, penulis bisa melanjutkan dengan membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan, berperan untuk membantu penulis dalam merumuskan tulisan.

Kerangka juga harus fokus dalam satu topik yang sudah penulis tentukan, sehingga pembahasan karya nantinya tidak melebar ke mana-mana.

“Jadi fokusnya harus jelas, bisa dibantu dengan kerangka karangan, kemudian data-data pendukung juga bisa dimasukkan,” jelas Mira saat Malangpost.id temui usai acara Academic Writing, Kamis (17/3/2022).

Penulis Harus Rajin Baca Referensi

Untuk membantu dalam menulis, seseorang juga harus rajin membaca referensi. Dengan demikian, penulis bisa menjelaskan alasan menempatkan diri dalam karyanya.

Baca Juga: Bimtek Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah, Wadir Ingatkan Etika Menulis

Namun saat mencari referensi untuk memperkaya ide, penulis kadang kala terjebak untuk melakukan plagiat. Karena tidak memasukkan keterangan kutipan dalam karyanya.

Sebab itu, seseorang harus rajin berlatih dalam menulis.

“Tidak banyak orang yang tiba-tiba punya bakat menulis, yang tidak punya bakat menulis pun juga bisa jadi penulis. Caranya dengan terus membaca dan memperkaya ide,” pungkas Mira.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

  1. Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks! https://accounts.binance.com/cs/register?ref=W0BCQMF1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds