Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, FIS UM Gaet YPK Jatim

Kampus, Malangpost.id – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (FIS UM) melakukan kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Jatim Malang.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dekan FIS UM dengan Ketua YPK Jatim Malang pada Senin (16/5/2022).

Latar belakang kerjasama, menurut Dekan FIS UM Prof Dr Sumarmi MPd karena dosen dan mahasiswa dituntut untuk bisa mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Di tengah program Merdeka Belajar, pada bidang pendidikan yang bisa kita implementasikan antara lain adalah asistensi mengajar,” tegasnya, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Kuatkan Literasi, SMP 4 YPK Jatim Malang Ingin Bentuk Pelajar Pancasila

Terlebih ia menambahkan, saat pembelajaran daring banyak terjadi learning loss di kalangan pelajar. Maka dari itu pihaknya bertekad untuk melakukan kerja sama dengan YPK Jatim Malang.

Bentuk Kerjasama Bisa Berbagai Macam

Bentuk kerjasama yang UM laksanakan pun, kata Prof Sumarmi juga bermacam-macam dan selalu pihaknya sesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah.

Kerjasama tersebut seperti melakukan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi guru di YPK Jatim.

“Terutama tuntutan untuk pembelajaran digital itu sangat penting, sehingga dari UM nantinya lebih kepada peningkatan SDM-nya,” imbuh Prof Sumarmi.

Baca Juga: Inovasi Lima Mahasiswa Universitas Negeri Malang Menciptakan Mainan Edukasi

Kini lanjut Prof Sumarmi, tuntutan Merdeka Belajar adalah membentuk Pelajar Pancasila. Sebab itu, UM juga akan menekankan penanaman berbagai karakter bangsa.

“Kalau sekarang kita membentuk karakter Pelajar Pancasila dengan melestarikan budaya lokal. Mendatang kita akan lebih menekankan pada keterampilan-keterampilan digital,” pungkasnya kepada awak media.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds