Hobi Yang Menjadi Tren Saat Pandemi

MalangPost.id-Apakah Anda tahu ada banyak hobi yang menjadi tren saat pandemi? Simak beberapa hobi tersebut yang mendadak jadi tren saat pandemi melanda.

Beberapa waktu yang lalu, Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Dan banyak negara menerapkan lockdown dan social distancing untuk mengurangi penyebaran virus corona. Tidak ketinggalan beberapa kota di Indonesia juga menerapkan PSBB. Pembatasan kegiatan di tempat umum mengharuskan masyarakat tinggal di rumah lebih banyak.

Selama masa PSBB, banyak masyarakat melakukan beragam aktivitas yang disukai untuk mengisi waktu. Aktivitas yang dilakukan biasanya sesuai dengan kesukaan dan hobi masing-masing. Beragam aktivitas atau hobi yang dilakukan tersebut bahkan menjadi tren selama pandemi. Mungkin Anda juga termasuk menekuni hobi yang menjadi tren? Tahukah Anda, hobi apa saja yang menjadi tren saat pandemi?

Bersepeda

Berolahraga merupakan hal yang penting. Namun, kebanyakan dari Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu sebelum pandemi. Nah, saat pandemi inilah sebagian masyarakat mulai rajin berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan imun tubuh. Saat pandemi, semakin banyak orang yang memilih bersepeda untuk berolahraga.

Bahkan, bersepeda menjadi tren hobi yang sangat populer. Dilansir dari tempo.co, penjualan sepeda meningkat sekitar empat kali lipat sejak diberlakukan PSBB. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, bersepeda juga bisa menjadi hiburan. Tentu saja, bersepeda juga menjadi sarana transportasi. Aktivitas bersepeda sangat digemari saat pandemi karena menerapkan sosial distancing dan bisa dilakukan kapan saja.

Memasak

Saat SBB diberlakukan, tempat umum seperti restoran dan mall harus berhenti beroperasi. Masyarakatpun harus menghentikan kebiasaan makan di luar rumah. Faktor inilah yang membuat masyarakat akhirnya mengkonsumi makanan di rumah.

Selama pandemi, banyak yang mulai menekuni hobi memasak. Mulai dari memasak makanan untuk sehari-hari. Atau membuat beragam macam kue, roti, dan aneka jenis makanan lainnya. Bermodalkan resep yang bisa ditemukan online, semua orang bisa menjadi ahli. Bahkan, bagi mereka yang jarang berkutat di dapur sekalipun!

Memasak di rumah memang memiliki kelebihan. Makanan yang dihasilkan lebih sehat dan segar. Hal ini karena kita mengetahui sumber bahan yang digunakan. Proses memasak juga sangat diperhatikan. Selain itu, memasak makanan menghindarkan kita dari resiko terpapar virus jika makan di tempat umum. Tentu saja, hasil masakan Anda bisa menjadi feed Instagram!

Hobi Yang Menjadi Tren: Berkebun

Selama masa PSBB, aktivitas masyarakat di luar rumah sangat terbatas. Hal ini juga berpengaruh terhadap akses ke bahan makanan segar. Masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah, bahkan untuk membeli kebutuhan pangan.

Untuk menyiasati hal tersebut, banyak orang memulai berkebun di lahan sendiri. Berkebun menjadi kegiatan yang digemari dan populer saat pandemi. Kebanyakan orang menanam tanaman pangan seperti sayur-mayur dan buah. Selain itu, banyak juga yang menanam tanaman bumbu dan tananam hias.

Terdapat berbagai macam teknik yang digunakan untuk berkebun di lahan terbatas, diantaranya hidroponik. Selain untuk pemenuhun kebutuhan pangan, berkebun juga membuat rumah terlihat lebih cantik. Tidak itu saja, berkebun juga menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat.

Bermain Games

Selama pandemi, banyak dari kita yang tidak bisa pergi ke tempat wisata, mall, café, dan restoran. Selain menonton film, bermain games bisa membantu mengisi waktu luang. Juga, bisa mengusir kebosanan. Beragam jenis games bisa dimainkan, mulai dari games online hingga board games.

Bermain games online bersama teman tentu asyik! Selain bisa menghibur, aktivitas ini bisa membuat kita tetap berkomunikasi dengan orang lain. Ular tangga, monopoli, puzzle, dan beberapa board games lainnya bisa menjadi alternatif permainan yang bisa dimainkan. Serunya lagi, board games ini bisa dimainkan dan melibatkan seluruh anggota keluarga lho!

Kerajinan tangan

Salah satu hobi yang menjadi tren saat pandemi adalah membuat kerajinan tangan. Aktivitas ini bisa membantu mengalihkan pikiran. Anda bisa mengajak putera dan puteri Anda untuk membuat proyek kerajinan tangan bersama-sama. Kegiatan ini membantu agar mereka tidak bosan karena harus terus berada di rumah.

Anda bisa memilih berbagai macam proyek, seperti melukis dengan menggunakan cat air. Untuk menemukan ide baru, Anda bisa mencarinya di Youtube dan mengikuti tutorialnya. Anda juga bisa melibatkan anggota keluarga untuk bersama-sama mengecat ulang kamar atau ruang tamu di rumah.

Tren Hobi Apa Yang Anda Tekuni?

Sebagian besar orang pasti memiliki hobi yang disukai. Selain menyenangkan, menjalankan hobi juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya mengurangi stress dan membuat kita lebih kreatif. Namun, dengan kesibukan sehari-hari, mungkin Anda tidak bisa melakukan hobi sesering mungkin. Ternyata, saat pandemi Anda memiliki waktu untuk menekuni hobi anda kembali. Atau bahkan mencoba hobi baru yang mejadi tren dan populer saat pandemi. Jadi, hobi baru apa yang sudah Anda coba?

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close