Hobi Bersepeda? Inilah Jenis Sepeda Kekinian Yang Lagi Tren

malangpost.id, Bersepeda menjadi semakin populer saat pandemi ini. Tahukah Anda apa saja jenis sepeda kekinian yang lagi tren saat ini?

Selama pandemi Covid-19, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat. Bahkan, aktivitas ini menjadi hobi yang menjadi tren beberapa bulan terakhir. Sebagian masyarakat menggunakan sepeda sebagai alternatif transportasi selama pandemi. Hal ini disebabkan adanya pembatasan transportasi umum.   

Menggowes juga menjadi sarana olahraga yang digemari karena bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai orang tua, dewasa, remaja, hingga anak-anak. Seiring dengan meningkatnya antusiasme masyarakat untuk bersepeda, pembelian sepedapun semakin meningkat.

Ketahui jenis sepeda kekinian yang paling populer

Selama pandemi beberapa waktu ini, masyarakat semakin sadar untuk menjaga kesehatan tubuh. Bersepeda bisa membuat tubuh bugar jika dilakukan secara rutin. Dan Anda juga bisa menyalurkan hobi secara bersamaan.

Ingin memulai hobi bersepeda? Atau Anda hobi bersepeda? Simak yuk, beberapa jenis sepeda kekinian yang lagi tren saat ini.

Sepeda Kekinian: Sepeda Lipat

Seperti dilansir jpnn.com, sepeda lipat merupakan jenis sepeda yang angka pembeliannya meningkat tajam selama pandemi. Sepeda ini banyak diminati masyarakat perkotaan, khususnya Jakarta. Jenis sepeda ini praktis dan mudah dalam mengakses transportasi massal seperti MRT dan Commuter Line.

Selain itu, sepeda lipat bisa digunakan untuk semua orang. Baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Tambahan lagi, sepeda lebih ringan dan compact saat dilipat, sehingga lebih hemat tempat.

Sepeda Balap (Road Bike)

Road bike umumnya digunakan pada jalan yang rata dan halus. Sepeda ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hanya ingin gowes di tengah kota dengan medan aspal. Terdapat beragam sepeda balap. Diantaranya sepeda dengan stang lurus dan stang melengkung ke bawah.

Umumnya sepeda balap memiliki roda yang tidak terlalu lebar. Sepeda ini juga tidak memiliki kembang ban. Dengan kecepatan di atas rata-rata sepeda umumnya, Anda bisa gowes selama 1-2 jam untuk berolahraga.

Mountain Bike (MTB)

Mountain Bike dirancang khusus untuk medan  berbatu dan terjal. Sangat cocok bagi Anda yang hobi berpetualang. Atau Anda ingin gowes melintasi perbukitan? Komponen fork depan akan meredam getaran dan rute jalan yang berlubang atau berbatu.

Sepeda ini dilengkapi dengan gir belakang (cassette sprocket) ukuran besar dan mata gir yang banyak. Sehingga memudahkan di jalur menanjak. Sepeda MTB dilengkapi dengan sadel yang sangat nyaman. Selain itu, knob (kembang ban) dari ban luar memberikan kenyamanan lebih saat melewati medan bebatuan.

Sepeda Kekinian: Touring Bike

Ingin traveling dengan teman tapi tetap menjaga jarak? Nah, Anda bisa berpetualang dengan touring bike bersama komunitas Anda. Sepeda ini dirancang khusus untuk perjalanan jauh. Selain itu, sepeda jenis ini memiliki ketahanan yang lebih dari sepeda jenis lainnya.

Touring bike terbuat dari rangka yang kuat dan mampu menahan beban berat. Penggunaannya pun sangat praktis! Jika Anda membeli sepeda jenis ini, biasanya Anda akan mendapatkan pelindung rantai yang sudah terpasang.

Fixie

Anda menyukai sepeda yang sedikit unik dan sederhana? Sepeda Fixie bisa menjadi pilihan Anda. Jenis sepeda ini memiliki desain dan rangka yang simple. Juga tidak dilengkapi dengan rem tangan. Jadi, Anda harus menahan putaran pedal atau mengayuh pedal ke arah belakang untuk berhenti.

Selain tidak memiliki rem tangan, Fixie juga tidak memakai pengoperan gigi. Bannya juga tergolong tipis, jadi tidak direkomendasikan untuk gowes di jalanan yang berbatu. Dan mungkin sepeda akan terasa berat jika melalui medan menanjak. Namun, karena bentuknya yang sederhana, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang banyak.

Sepeda Kota

Sepeda ini memiliki ciri khas dengan keranjang di bagian depannya. Membuatnya terlihat unik dan cantik. Biasanya juga terdapat jok sepeda tambahan di belakang untuk membonceng.

Dengan massa yang ringan, sepeda ini cocok untuk digunakan sehari-hari dengan rute yang pendek. Anda tidak disarankan untuk menggunakan sepeda ini di medan berbatu atau terjal.

Anda hobi bersepeda atau ingin memulai hobi ini?

Nah, itulah beragam jenis sepeda yang sedang tren saat ini. Jadi, jenis sepeda apakah yang Anda pakai untuk gowes? Jangan lupa selalu utamakan keselamatan dan patuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, yah!

~ds3~

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close