Tips Aman Hindari Virus Corona Di Pusat Perbelanjaan

malangpost.id, Virus corona seperti yang kita ketahui, sejak awal Maret 2020 hingga saat ini sedang menjajah Negeri kita. Bahkan Presiden RI telah mengimbau kepada seluruh lembaga pendidikan formal maupun informal, pegawai negeri, swasta, serta seluruh masyarakat untuk tinggal di rumah sementara waktu demi memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Dampaknya adalah banyak dari ibu rumah tangga yang mulai kesulitan untuk menyetok kebutuhan sehari-hari, terutama sandang dan pangan. Karena supermarket dan pasar merupakan tempat yang menjadi titik tercepat dalam penularan virus corona mengingat padatnya jumlah orang yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Namun demikian, Anda tak perlu panik, suka tidak suka, mau tidak mau, suatu waktu ketika stok kebutuhan sudah habis Anda tetap harus berbelanja bukan? Lalu, bagaimana caranya agar Anda tetap terhindar dari virus meski berbelanja ke luar?

Seperti dilansir dari situs sajiansedap.com, Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah memberikan beberapa tips belanja aman di pasar ataupun supermarket.

Sekarang mari kita simak paparannya berikut ini!

Ingin ke pusat perbelanjaan? Jangan takut! Lakukan tips berikut agar terhindar dari virus corona.

Ketika ada kebutuhan mendesak, maka bepergian ke luar rumah saat wabah virus corona mungkin diperbolehkan, seperti bekerja, ke rumah sakit, ataupun belanja persediaan bahan makanan serta kebutuhan sehari-hari.

Nah, di sini akan dibahas bagaimana agar Anda tetap aman meski berada di pusat perbelanjaan. Lakukanlah hal-hal berikut ini:

  1. Hanya membeli apa yang Anda butuhkan dan jangan berlama-lama

Di sini Anda perlu memperhitungkan kebutuhan keluarga selama beberapa minggu, terutama untuk makanan kering, makanan instan, ataupun stok makanan beku. Catatlah di kertas apa-apa yang akan Anda beli hari itu. Sementara sayuran dan buah-buahan usahakan agar Anda mengetahui cara menyimpan yang benar agar tidak mudah layu dan busuk.

  • Tetap jaga jarak saat berbelanja

CDC  merekomendasikan untuk tetap menjaga jarak 1,5 hingga 2 meter kepada setiap pengunjung.  Hal ini juga berlaku di pasar dan toko kelontong.

  • Selalu sedia handsanitizer di tas Anda

Hand sanitizer digunakan sebagai metode mencuci tangan darurat. Dan salah satu tips aman belanja di supermarket adalah dengan selalu membawa cairan pembersih tangan kemanapun Anda bepergian.

  • Bawa kantung belanja sendiri

Hal ini mungkin sudah mulai diterapkan di beberapa minimarket dan supermarket untuk tidak lagi menyediakan plastik belanja, namun untuk pasar dan toko-toko kelontong biasanya belum memberlakukan hal tersebut. Maka baiknya Anda selalu membawa tas sendiri dari rumah.

Baca juga : Masker Kekinian, Tren Fashion 2020!

  • Upayakan untuk selalu cashless

Uang adalah benda yang sangat kotor dan kita semua tahu itu. Maka, lakukanlah pembayaran secara digital atau minimal dengan kartu pribadi yang tidak sering berpindah tangan. Namun pastikan tetap membasuh tangan dengan handsanitizer setelah memencet kode PIN di alat verifivikasi.

  • Hindari belanja di jam-jam sibuk

Sebisa mungkin, rencanakan waktu belanja Anda di luar jam sibuk sehingga kondisi lebih sepi dan meminimalisir kerumunan atau kontak dengan banyak orang yang berpotensi menularkan virus corona.

  • Pergilah berbelanja sendiri, jangan membawa anggota keluarga terutama anak-anak

Virus corona akan lebih mudah menyerang anak-anak dan lansia, oleh karenanya akan lebih baik jika Anda berbelanja seorang diri. Hal ini juga berguna untuk mempersingkat aktifitas di supermarket dan kembali atas yaitu belanjalah hanya apa yang Anda butuhkan saja.

  • Pertimbangkan berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui situs online

Saat ini sudah banyak lho situs penyedia layanan supermarket dan retail berbasis digital. Bahkan berbagai marketplace untuk bahan makananpun tersedia. Nah bagi Anda yang memiliki akses untuk membeli persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari melalui online, tak ada salahnya bukan jika Anda memanfaatkan hal tersebut? Bahkan Anda bisa menghemat waktu dan tenaga, barang juga diantar sampai rumah, menghindari diri dari kontak langsung dengan banyak orang, serta pembayaran yang cashless.

Nah, itulah dia beberapa tips aman dalam berbelanja di masa pandemi virus corona ini, langkah-langkah tersebut dipercaya dapat meminimalisir risiko Anda dan keluarga terpapar dari infeksi virus Covid-19.

Selamat mencoba!

-Rifa

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

rifamahmudah

About the Author: rifamahmudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close