Tren Berkebun, dari Hobi Menjadi Ide Bisnis di Masa Pandemi

HOBBY, malangpost.id- Pandemi COVID-19 membuat masyarakat tak berani melakukan banyak aktivitas di luar rumah, kecuali dalam keadaan terpaksa. Tentunya mereka lebih memilih melakukan seluruh kegiatan dari rumah. Namun, kiranya tak berlaku dalam hal memenuhi kebutuhan pangan. Untuk mencukupi kebutuhan primer ini, lahir beragam ide bisnis di masa pandemi. 

Meskipun diminta untuk tetap di rumah saja, Anda tentu tetap harus memenuhi kebutuhan pangan bukan? Tak dapat dimungkiri selama kehidupan masih berjalan, manusia pasti membutuhkan makanan dan minuman. Karena hal itulah, semakin tahun semakin banyak usaha pangan yang tumbuh. Bahkan, di masa pandemi saja, sejumlah usaha pangan justru malah meningkat. 

Salah satunya adalah usaha di bidang perkebunan. Mungkin selama ini kita mengenal  berkebun menjadi hobi. Mereka yang menyukai tanaman pasti tahu tentang cara perawatannya hingga bisa dikembangkan menjadi ide bisnis. Memanfaatkan hobi berkebun dapat menjadi ide bisnis di masa pandemi sekarang. 

Tren di Era Pandemi 

Sebagian orang akan bosan di rumah saja tanpa melakukan aktivitas yang jelas. Sementara, menghabiskan waktu dengan gadget justru semakin meningkatkan kecemasan. Alhasil, sebagian orang akan mencari inspirasi yang bisa mengisi waktu luang mereka. Alhasil, tren berkebun di masa pandemi nampaknya banyak diminati sejumlah kalangan masyarakat.  

Aktivitas ini mulai popular saat sejumlah kalangan, termasuk selebriti memviralkan berkebun di era pandemi. Sebagian besar dari mereka berlomba-lomba update status di media sosial. Sikap tak mau kalah update tersebut membuat tren ini semakin cepat tersebar. 

Padahal, dahulu berkebun hanya dianggap sebagai hobi ketika menikmati masa tua. Mereka yang menekuni bidang ini pun hanya para orang pensiunan. Asumsi masyarakat menyebut berkebun juga memerlukan tanah yang luas. Akan tetapi, saat ini tak perlu banyak alasan lagi. Sebab, berkebun kecil-kecilan dengan memanfaatkan tanah di sekitar rumah pun bisa dijalani. Akhirnya, tak mengenal usia, berkebun dijadikan ide bisnis di masa pandemi. 

Sebelum Menjadi Ide Bisnis di Masa Pandemi Berkebun Bisa Membuat Bahagia 

Saat sebagian kecil orang masih memikirkan keuntungan, ternyata aktivitas ini memiliki banyak manfaat. Tak sekadar mengisi waktu luang atau berujung mencari pendapatan. Melainkan, berkebun bisa memberikan dampak kebahagiaan. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Landscape and Urban Planning menyebutkan demikian. 

Mulai dari proses menanam benih sampai dengan tumbuh buah ternyata bisa meningkatkan mood. Hal ini memicu hadirnya kebahagiaan setiap harinya. Sumber informasi menyebutkan juga bahwa berkebun bisa menjaga suasana hati. Jika sebelumnya kita merasa enjoy saat berolahraga, efek ini juga bisa didapat melalui berkebun. 

Manfaat yang lebih menarik lagi, berkebun bisa mencukupi kebutuhan pangan. Bisa jadi hal ini menjadi tujuan utama lahirnya ide bisnis di masa pandemi Nah, kurang cocok apalagi coba? 

Dari Menanam Sayuran Lokal Menjadi Ide Bisnis di Masa Pandemi

Sayuran lokal sangat dibutuhkan dan bisa menjadi ide bisnis di masa pandemi.
Sayuran lokal sangat dibutuhkan dan bisa menjadi ide bisnis di masa pandemi.

Kebutuhan pangan selama pandemi memang akan terus berjalan. Tidak mungkin manusia tidak makan meskipun dilarang ke luar rumah untuk hal yang tidak penting. Karena itulah, tren berkebun bisa dijadikan ide bisnis. Tujuannya tetap untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. 

Para penggiat perkebunan sudah banyak mengajak masyarakat di sekitarnya untuk ikut berkebun. Misalnya berawal dari menanam sayuran lokal yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sayuran lokal seperti kangkung, bayam, kubis, sawi dan sebainya bisa dijadikan tanaman utama saat berkebun di masa pandemi. 

Akhirnya berawal dari berkebun sederhana ini, masyarakat bisa menciptakan ide bisnis di masa pandemi. Apalagi prospek produk sayuran lokal memang sangat besar peluang peminatnya di pasaran. Tentunya hal ini tidak terlepas dari unsur pemenuhan kebutuhan. Masyarakat ingin tetap nyaman berada di rumah saat kebutuhan pangan terpenuhi setiap harinya.  

Ide Bisnis Tanaman Hidroponik 

Selain menanam sayuran lokal dengan cara biasa, Anda juga bisa memanfaatkan teknik hidroponik. Teknik budidaya hidroponik adalah teknik menaman yang memanfaatkan bahan dasar berupa air sebagai media tanamnya. Nah, ini lebih praktis lagi. Jika berkebun biasa butuh menyiapkan lahan, hidroponik cukup menyiapkan tempat saja.  

Sebab, yang ditonjolkan dalam sistem hidroponik adalah media air, bukan menggunakan media tanah. Menariknya lagi, bisnis hidroponik tak memerlukan teknik khusus untuk penanaman. Artinya, Anda yang ingin memulai usaha ini bisa belajar otodidak. Tidak tanggung-tanggung, jika Anda serius, ide usaha ini bisa memperoleh income yang cukup besar. Tertarik mencoba? 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

1 Comment

  1. I’m really inspired along with your writing skills and also with the format for your blog. Is this a paid subject or did you customize it yourself? Either way stay up the excellent quality writing, it’s uncommon to see a nice weblog like this one nowadays..|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close