SERAM! Ini Tempat Wisata di Indonesia Yang Terbengkalai

WISATA, malangpost.id – Berlibur ke tempat wisata ngehits tentu menyenangkan. Tempat wisata di Indonesia dan luar negeri bisa jadi pilihan untuk berlibur, termasuk beberapa wisata hits Jawa Timur.

Selain bisa menyegarkan kembali semangat dan pikiran dari rutinitas, berlibur ke tempat hits juga bisa menghasilkan foto-foto cantik dan unik untuk diposting di media sosial Anda.

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa destinasi wisata yang dulunya ngehits abis. Dengan semakin banyaknya bermunculan destinasi wisata baru, destinasi wisata yang dulu terkenal pada masanya sekarang menjadi objek wisata yang ditinggalkan. Bahkan, beberapa tempat menjadi tidak terurus dan terlihat menyeramkan.

Nah, apa sajakah tempat wisata di Indonesia yang dulu dipuja dan kini terbengkalai itu?   

Bounty Beach Club Bungalows

Bounty Beach Club Bungalows merupakan tempat penginapan yang mewah di Gili Meno. Terletak jauh dari keramaian, tempat ini menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi tamu yang menginap. Dengan segudang keindahan, tempat ini tak pernah sepi pengunjung, terutama wisatawan asing.

Namun, itu dulu. Bounty Beach Club Bungalows sudah tidak beroperasi sejak tahun 2002. Kini, tempat ini sangat terlantar karena ditinggalkan begitu saja. Menurut rumor yang beredar, bungalow ini tidak beroperasi lagi sejak peristiwa Bom Bali, yang menewaskan sejumlah wisatawan tahun 2020 lalu.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat kolam renang besar yang terletak di depan hotel dipenuhi oleh lumut dan airnya keruh. Berjalan terus ke arah belakang kolam renang, Anda akan berada di sebuah koridor gelap. Jika Anda berani berlama-lama melihat ke arah koridor tersebut, Anda akan merasa ada yang melihat balik ke Anda dari kegelapan.

Konon, ada beberapa pengunjung wisata horror berkata pernah melihat seseorang di dalam hotel yang sudah tidak beroperasi ini. Diyakini orang tersebut adalah sang pemilik hotel. Apakah Anda ingin mencoba uji nyali di tempat ini?

Taman Rekreasi Bedugul Hotel, Bali

Bali memang dikenal dengan beragam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, pura, dan tentu saja pantainya. Jika berkunjung ke Bali, tidak cukup rasanya sekali saja mendatangi tempat-tempat wisata hits di sana, termasuk Bedugul.

Di Bedugul, Anda juga bisa menemukan tempat wisata di Indonesia lainnya yang terbengkalai, Taman Rekreasi Bedugul Hotel. Kabarnya, tempat wisata ini dibangun oleh salah satu keluarga Cendana. Ada juga kabar yang beredar kalau bangunan ini milik pengusaha asal China.

Hotel ini diperkirakan berdiri sejak tahun 1990, namun belum sempat dioperasikan. Bahkan, pembangunan hotel ini juga tidak selesai. Karenanya, beberapa bangunan di area ini ditinggalkan dan dibiarkan begitu saja tidak terawat. Karenanya, tempat ini mendapat julukan Istana Hantu atau The Ghost Palace.

Seperti apa rasanya melihat bangunan yang super besar tanpa penghuni, kotor, terlihat suram dan gelap saat malam hari? Membayangkannya saja seram, bukan?

Taman Remaja Surabaya

Tempat wisata terbengkalai berikutnya adalah Taman Remaja Surabaya (TRS). Dulunya, taman ini merupakan salah satu hits di Jawa Timur yang cukup populer di Kota Pahlawan. Bahkan, tempat ini menjadi salah satu pelopor taman hiburan dengan wahana permainan modern.

Taman hiburan yang berdiri sejak 20 Februari 1971 ini  menjadi salah satu destinasi liburan favorit keluarga karena wahananya yang terbilang cukup lengkap. Saat itu, Anda bisa mencoba rumah hantu, boom-boom car, hingga mini coaster.

Selain itu, TRS juga memiliki panggung khusus untuk pertunjukan, mulai dari tari, musik, hingga konser musik.

Karena dianggap tidak memenuhi beberapa syarat pembangunan, tempat hiburan ini terpaksa disegel oleh Pemkot Surabaya. Setelah penyegelan tersebut, tempat ini ditinggalkan begitu saja dan dibiarkan terbengkalai tanpa ada kejelasan dari pihak pengelola.

Satu per satu wahana dan fasilitas di Taman Remaja berubah menjadi barang rongsokan. Kini, tempat itu hanya tinggal kenangan.

Taman Bermain Wonderia, Semarang

Tempat wisata di Indonesia favorit lainnya yang hits pada jamannya adalah Taman Bermain Wonderia. Taman yang dibuka pada 2007 lalu dan diresmikan oleh presiden ke-6 Indonesia, Susilo Babang Yudhono ini terletak di pusat kota Semarang.

Terdapat berbagai macam wahana permainan, seperti komidi putar, bianglala, kereta listrik, rumah hantu, dan masih banyak lagi. Ditambah dengan puluhan pohon besar, tempat ini sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga. Selain beragam wahana tersebut, taman ini juga kerap mengadakan acara musik dangdut dan pameran distro.

Taman ini mulai mengalami keterpurukan karena tidak adanya peremajaan alat-alat di lokasi. Dan kabarnya, ada kasus kecelakaan di Taman Bermain Wonderia pada November 2007 lalu.

Yang mengakibatkan taman hiburan ini ditutup, namun dibuka kembali pada 2008. Bahkan, konon kabarnya, ada yang berkata kalau Rumah Hantu di taman ini benar-benar ada hantunya. Hiii, serem yah.

Dilansir dari koran Tempo 17 Februari 2017, pengelola Wonderia, PT. Semarang Arsana Rekreasi Trusta (SMART) memiliki tunggakan utang yang mencapai Rp 3,1 milliar. Sehingga Pemerintah Kota Semarang menutup tempat wisata ini.

Kampung Gajah Wonderland, Bandung

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi saat akhir pekan dan liburan sekolah. Terdapat beragam tempat wisata yang populer dan hits, dari dulu hingga sekarang. Salah satu yang ngehits pada jamannya adalah Kampung Gajah Wonderland.

Di sini, Anda bisa menemukan beragam wahan menarik untuk seluruh keluarga. Mulai dari delman royal, buggy family, dan formula kart. Sayangnya, pada tahun 2017 lalu, taman bermain ini dinyatakan bangkrut dan ditinggalkan begitu saja.

Jika ingin mencoba pengalaman misteri, Anda bisa datang ke tempat ini. Anda akan melihat sisa-sisa wahana yang ada berserakan dan berantakan. Di tengah keheningan tempat terbengkalai ini, Anda bisa mendengar derit besi-besi dari wahana dan bangunan yang ada.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata yang sempat hits namun sekarang terbengkalai, bahkan terlihat seram. Namun, kesan menyeramkan dari bangunan yang terbengkalai, justru menimbulkan daya tarik tersendiri. Terutama bagi mereka pencinta wisata misteri dan mistis. Apakah Anda tertarik untuk mencoba datang ke salah satu tempat tersebut saat ini? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close