Kenali Jenis Tanaman Hias Yang Mudah Perawatannya

HOBBY, malangpost.id – Mungkin ada sebagian Anda yang ingin menanam tanaman hias tapi masih ragu karena masih pemula dalam berkebun. Jangan takut, ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa Anda tanam dengan perawatan yang relatif mudah.

Dimulai dengan himbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemi virus Corona, berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak dilakukan, bahkan menjadi tren. Banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah menekuni kembali hobi tersebut.

Bahkan, ada yang baru mulai mencoba dan akhirnya keasyikan sehingga berkebun menjadi salah satu kegiatan favorit mengisi waktu luang. Mulai dari menanam sayuran dengan metode hidroponik, menanam tanaman obat, hingga tanaman hias.

Baca juga: Hobi Yang Menjadi Tren Saat Pandemi

Aktivitas berkebun memiliki manfaat, diantaranya meredakan stress dan meningkatkan mood. Selain itu, tanaman yang dihasilkan, khususnya tanaman hias membuat lingkungan lebih indah dan asri.

Yuk, kenali jenis tanaman hias yang mudah perawatannya, berikut ini.

Lidah buaya

pandemi virus corona
Lidah buaya yang mudah perawatannya

Mungkin Anda lebih sering melihat lidah buaya ditanam di luar rumah dan di pinggir jalan. Ternyata, lidah buaya juga cocok diletakkan di samping jendela rumah atau sudut ruang tamu. Tanaman ini juga bermanfaat membunuh zat-zat kimia di dalam ruangan, seperti formaldehida dan zat benzena.

Anda perlu meletakkan tanaman ini agar terkena cukup sinar matahari. Siramlah secukupnya karena tanaman ini menyimpan air dalam dagingnya. Pastikan juga wadah lidah buaya memiliki lubang drainase untuk membuang kelebihan air.

Melati

Bunga melati bisa menjadi pengharum ruangan alami

Siapa yang tidak kenal dengan bunga putih kecil nan harum ini. Anda bisa menanam melati di halaman rumah dengan sedikit sekali perawatan. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik di pot tanaman.

Selain bisa menjadi hiasan, melati juga berfungsi sebagai pewangi ruangan alami. Jika batangnya sudah menjalar ke segala arah, Anda hanya perlu merapikannya agar tetap sedap dipandang mata.

Lidah mertua

Lidah mertua atau Sanseviera Trifasciata

Apakah Anda tahu, tanaman ini sempat menjadi viral di dunia maya beberapa waktu lalu? Lidah mertua salah satu tanaman hias dengan bentuk daun dan warna yang unik, sangat indah dan memanjakan mata.

Tanaman dengan nama asli Sanseviera Trifasciata ini juga cocok untuk menjadi tanaman dalam ruangan karena mampu menyerap karbondioksida. Zat ini kemudian akan diubah menjadi oksigen, yang tentunya akan membuat udara dalam ruangan terasa lebih segar, bukan?

Umumnya lidah mertua mampu bertahan dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Karena akarnya mudah membusuk, tanaman ini hanya perlu disiram secukupnya saja.

Kamboja

Menanam Adenium Obesum (Kamboja Jepang) bisa jadi pilihan untuk menyalurkan hobi selama pandemi virus Corona
Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Tanaman kamboja menjadi salah satu rekomendasi tanaman hias yang bisa Anda tanam di halaman rumah. Terdapat berbagai macam warna bunga kamboja, dari kuning, putih, hingga pink. Anda tidak perlu perawatan khusus untuk tanaman ini. Hanya membutuhkan sinar matahari secukupnya, disiram sesekali, dan merapihkan batangnya.

Kaktus

Beragam jenis kaktus mini

Tanaman hias berikutnya yang cukup mudah perawatannya adalah kaktus. Anda tidak perlu menyiram tanaman ini setiap hari. Anda bisa memilih kaktus berukuran mini untuk ditaruh di atas meja atau digantung. Kaktus yang lebih besar cocok untuk mempercantik interior ruangan Anda.

Aglonema

Tanaman cantik Aglonema

Nah, tanaman yang satu ini juga sempat booming karena harganya dihitung dari per helai daunnya. Banyak orang yang menanaman aglonema sekaligus menjadikannya investasi.

Warna daun dan coraknya yang cantik membuat aglonema bisa memiliki harga yang fantastis. Untuk perawatannya, Anda perlu menempatkan tanaman ini di tempat yang cukup teduh dan tidak terkena matahari langsung.

Selain itu, Anda hanya perlu melakukan penyiraman 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah, serta suplai air dan nutrisi daun tetap terjaga.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan rumit dan menuntut terlalu banyak waktu. Anda bisa memilih tanaman tersebut untuk ditanam di halaman rumah atau untuk dalam ruangan. Tentunya, tanaman hias favorit akan menjadikan rumah lebih asri dan sejuk. Jadi, yang mana tanaman hias favorit Anda? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close