Hati-Hati!! Ini Jenis Tanaman Hias yang Beracun

HOBI, malangpost.id – Hati-Hati!! Ini Jenis Tanaman Hias yang Beracun – Selain berkebun, menanam tanaman hias menjadi hobi yang biasa dijalani masyarakat Indonesia. Tanaman hias menjadi tanaman yang paling banyak diminati sebagai penyejuk hunian. Baik di dalam maupun di luar rumah, tanaman hias senantiasa tampak cantik berwarna-warni. Hal inilah yang memberikan aksen positif atas seluruh lingkungan rumah. 

Namun, ternyata di balik kecantikannya, tanaman hias juga memiliki jenis yang beracun loh. Nah, jangan sampai salah sangka ini. Yuk kenali deretan tanaman hias yang beracun berikut ini. 

Wisteria 

Cantik, tetapi zat apa yang membuat wisteria masuk daftar tanaman hias beracun?
Cantik, tetapi zat apa yang membuat wisteria masuk daftar tanaman hias beracun?

Namanya mirip wahana Histeria nah loh. Pernah mendengar bentuk dan warna tanaman hias yang satu ini? Ketika melihat rupanya, Anda tentu akan terpikat dengan warna ungu yang memukau. Warnanya ungunya ini mirip seperti bunga lavender. 

Bunga wisteria sangat terkenal di China dan Jepang. Namun, sangat disayangkan hampir seluruh bagian tanaman ini memiliki racun. Racun tersebut ditemukan terutama pada bagian bijinya. Adapun racun yang terkandung dalam seluruh bagian Wisteria ini dikenal dengan nama saporin. 

Jika tertelan, saporin dapat menimbulkan rasa pusing, bingung, muntah, mual, sakit perut, diare, bahkan pingsan.  

Sri Rejeki atau Dieffenbachia sebagai Tanaman Hias Beracun

Sri rejeki ternyata beracun.
Sri rejeki.

Jangan tertarik dulu dengan namanya. Tanaman hias yang biasa disebut sri rejeki ini masuk dalam daftar tanaman hias beracun. Dalam bahasa ilmiah, sri rejeki dikenal dengan nama Dieffenbachia. Tanaman hias yang memiliki nama lain daun bahagia ini banya diincar oleh para penggembar tanaman hias. 

Namun, Anda perlu hati-hati. Sri rejeki mengandung kalsium oksalat pada daun dan batangnya. Zat ini dapat menyebabkan gatal pada lidah dan bibir. Selain itu, efek parahnya lagi bisa sampai menimbulkan kejang-kejang. 

Foxglove (Digitalis Purpurea) 

Tanaman cantik berbentuk loceng yang beracun.

Apakah Anda pernah menemui tanaman yang bentuknya mirip teropong atau lonceng? Secara tampilan, tanaman ini sangat menarik apalagi untuk dijadikan hiasan. Warnanya pun cerah nan cantik. Namun, dibalik rupanya yang menarik perhatian, tanaman ini termasuk jenis tanaman hias beracun. 

Pada seluruh bagiannya, foxglove mengandung glikosida. Glikosida ini merupakan zat yang mengandung gula. Zat seperti ini bisa menimbulkan sejumlah reaksi keracunan. Misalnya muntah, mual, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, dan sebagainya. 

Adapun orang yang terkena dampak ini memiliki ciri-ciri denyut nadi yang lemah, kejang-kejang, tremor, bahkan dapat menimbulkan gangguan jantung hingga kematian. Waduh, tanaman saja dampaknya bikin ngeri ya. 

Rhubarb 

Tanaman hias Rhubarb.
Tanaman hias Rhubarb.

Setelah mengenal beberapa jenis tanaman dengan bentuk menarik, tanaman beracun selanjutnya merupakan keluarga talas atau keladi. Tanaman yang didominasi dengan warna merah dan hijau ini memiliki zat beracun dan berbahaya. 

Dampak daun Rhubarb ini bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal bahkan sampai kematian. Namun, tanaman ini masih umum ditanam di rumah. Nah, kalian harus tetap berhati-hati ya. 

Bunga Lily Ternyata Tanaman Hias Beracun

Tak disangka, bunga Lily memiliki zat beracun.
Zat beracun apa yang ada dalam bunga Lily?

Siapa yang tak familiar dengan nama Bunga Lily. Tanaman hias yang berwarna putih ini banyak memikat mata manusia untuk menanamnya. Selain itu, bentuknya yang elegan membuat banyak penggemar tanaman hias rajin merawat bunga cantik yang satu ini. 

Namun, tanaman Lily memiliki sisi yang berbahaya. Jika bunga Lily tertelan, dampaknya bisa mengakibatkan mulut dan tenggorokan seperti terbakar. Adapun gejala lain adalah dapat menimbulkan muntah, mual, dan sakit perut. 

Kondisi buruk ini tidak hanya berlaku bagi manusia. Melainkan, bagi hewan seperti kucing yang tak sengaja menelan daunnya pun bisa terkena dampaknya. Misalnya kucing tersebut bisa saja mengalami gangguan organ dalam hingga kematian. 

Daffodil 

Daffodil yang cantik, tetapi beracun.
Daffodil yang cantik, tetapi beracun.

Tanaman ini dikenal juga sebagai bunga narcicuss. Jenis tanaman ini termasuk ke dalam tanaman beracun. Hal ini mengacu pada bagian umbi dan akarnya. Jika kedua bagian tersebut termakan, manusia bisa mengalami masalah pencernaan. 

Dampak buruk lainnya bisa terkena peningkatan tekanan darah, tremor, dan gangguan fungsi jantung. Nah, kalau sudah berhubungan dengan organ dalam seperti jantung, jangan main-main ya! 

Waduh, mengerikan juga ya. Siapa sangka, dibalik memukaunya kelopak bunga tanaman hias, ternyata tanaman hias tersebut mengandung racun. Tidak main-main, racun tersebut bisa berujung kepada kematian. Untuk itu, semestinya kita berhati-hati ketika menemui deretan tanaman hias tersebut. Terutama perhatikan apa-apa saja yang Anda pegang. Jangan sampai zat beracun terkena tangan bahkan sampai tertelan. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close