6 Larangan Saat Mendaki!. Waspada Yah!

Hati-hati saat mendaki!.

TRAVELLING, malangpost.id – Untuk para pecinta gunung, pastinya sudah tahu bagaimana larangan dan anjuran maupun aturan yang harus dijalani selama melakukan pendakian. Tetapi, bagi anda yang ingin melakukan pendakian, bisa melihat review, tips, maupun browsing info tentang itu khususnya mau mendaki gunung mana.

Peraturan dalam pendakian gunung ada yang tidak tertulis, sehingga perlulah anda mengetahui spesifikasi per gunung. Jika anda memiliki rencana untuk melakukan hal tersebut, bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Salah satunya tentang hal ini.

Kali ini, pada rubrik akan dijelaskan tentang larangan saat melakukan pendakian secara umum, diantaranya:

1. Jangan Menyepelekan Medan Selama Pendakian

Kadang ada yang tidak sengaja memiliki perasaan seperti ini, sehingga tetap waspada pada diri sendiri maupun attitude yang dipunya. Walaupun kita menghindari pikiran tersebut, pada akhirnya kadang muncul juga. Sehingga cobalah untuk down to earth itu pikiran.

Tetap anda mempelajari medan pendakian di gunung yang akan didaki. Hal ini wajib diketahui oleh pendaki pemula. Dan bagi pendaki biasa (lama), bisa mengupdate info terbaru tentang keamanan dari gunung yang akan dituju.

2. Membawa Perlengkapan Sendiri

Hal ini penting dilakukan, mengingat yang tahu kebutuhan pribadi adalah diri sendiri. Jangan pernah mengandalkan orang lain, bawalah perlengkapan yang lengkap agar anda pas di perjalanan tidak kekurangan suatu apapun.

Di dalam pendakian, kalau bisa jangan menyusahkan orang lain. Karena mereka merasakan mendaki juga. Sama-sama membawa beban, jadi jangan ditambahi. Alasan mendaki salah satunya adalah untuk melatih seseorang agar mandiri.

Barang bawaan jangan sampai tidak terbawa maupun tertinggal di gunung. Karena sama-sama tidak mengenakkan.

3. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Hal ini sering dilakukan oleh pendaki. Kebanyakan pasti pendaki pemula. Karena tidak tahu aturannya dan menyebalkan. Di setiap tempat harusnya jaga alam dan lingkungan. Otomatis adanya sampah pasti merusak pemandangan.

Udara sekitar gunung juga jadi tercemar. Jadi jangan pernah meninggalkan sampah apapun di gunung. Kebanyakan pastinya, para pendaki lawas pasti sudah terbiasa dan punya tradisi untuk memungut sampah sekitar jalan setiap turun dari gunung.

4. Dilarang Mengambil Apapun di Gunung

Yap ini benar sekali. Bahwa dengan mengambil sesuatu di gunung entah benda, barang, maupun yang lainnya dikhawatirkan akan mendapatkan malapetaka. Mengambil gambar boleh, tetapi yang lainnya jangan. Jika diperbolehkan atau ada aturan khusus maka boleh dipikirkan ulang lagi.

Hati-hati dalam mengambil suatu hal. Memetik bunga edelweis ternyata juga tidak boleh. Bunga ini untuk dilestarikan dan untuk membuat pemandangan menjadi lebih indah. Anggap saja dengan mengambil sesuatu di tempat lain sama dengan bukan hak kita.

5. Jaga Sikap Maupun Perilaku

Selama pendakian jangan suka mengeluarkan kata-kata yang kotor maupun perilaku yang semena-mena, dalam tanda kutip perilaku yang tidak boleh dilakukan. Jagalah sikap anda agar selamat sampai tujuan. Aman juga perlu.

Memang lucu-lucuan dan candaan selama perjalanan itu perlu, tapi jangan lupa menjaga attitude. Sikap jelek anda juga perlu untuk diminimalisir agar selama perjalanan semuanya yang ikut selamat. Fokus terhadap jalanan selama pendakian juga perlu. Sehingga candaan tolong diminimalisir.

6. Saat Mengalami Kejadian Aneh, Simpan Dulu

Jangan sampai anda mengalaminya. Tetapi untuk dan sebagai jaga-jaga, anda perlu tahu tentang info ini. Pasti setiap pendaki memiliki ceritanya masing-masing. Tetapi jangan menceritakan langsung saat itu juga ke teman-temanmu. Tunggu sampai turun gunung saja.

Alasannya karena agar kondisi selama pendakian tidak terganggu dan tidak membuat teman-teman anda merasa takut. Karena tajut di tengah hutan sama dengan memberi umpan kepada makhluk-makhluk astral untuk bertindak jahat lainnya.

Nah, itulah 6 larangan yang perlu anda ketahui selama pendakian. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kesiapan jiwa raganya yah.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close