Resep Stick Kentang Keju, Camilan Favorit Keluarga Saat #DiRumahAja

HOBI, malangpost.id – Siapa ini yang di rumah saja tetapi bingung dengan makanan yang itu-itu saja? Selama pandemi kamu pasti banyak mencari ide makanan atau camilan untuk dikonsumsi berselingan. Nah resep stick kentang keju berikut menjadi favorit keluarga loh. Sudah mencoba? 

Stick Kentang Keju Menjadi Camilan Favorit 

Hampir setiap orang hobi ngemil. Karena makanan pokok saja terkadang membosankan sehingga perlu asupan ringan, seperti camilan. Namun, memilih camilan juga tak boleh sembarangan. Jangan sampai karena terlalu banyak ngemil malah membuat berat badan bertambah. 

Nah, stick kentang keju cocok ini. Makanan yang berbahan dasar kentang ini tersaji dalam bentuk stick panjang. Dengan bentuk seperti ini, stick kentang keju sangat gurih dan semakin nikmat dikonsumsi. 

Selain rasanya enak, cara membuatnya pun cukup mudah. Selain itu, Anda tidak membutuhkan waktu lama. Menariknya lagi, bahan-bahan yang digunakan membuat camilan ini menjadi camilan sehat keluarga. Jadi jangan khawatir untuk memberikannya kepada anak-anak. 

Resep Stick Kentang Keju : Bahan-Bahan yang Dibutuhkan 

Sebelum memulai memasak, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini. Adapun untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan jumlah yang ingin Anda buat. Jika ingin membuatnya lebih banyak, tambahkan kuantitas bahan yang dipakai. 

  • 500 gram kentang 
  • 100 gram keju parut 
  • 100 gram tepung sagu 
  • Garam secukupmya 
  • Lada secukupnya 
  • 1 sdm daun seledri 
  • Topping pedas (bubuk cabai dan kaldu jamur) 
  • Minyak  

Alat yang Diperlukan 

Alat-alat yang Anda butuhkan selama membuat stick kentang keju adalah sebagai berikut. 

  • Baskom 
  • Loyang 
  • Wajan  

Cara Membuat 

Yuk langsung praktik resep stick kentang keju. Perhatikan setiap stepnya ya. Jangan salah jika tidak ingin stick kentang menjadi lembek. 

  1. Campurkan bahan-bahan menjadi satu. Meliputi kentang yang sudah dihaluskan, keju parut, tepung sagu, garam, lada kaldu jamur atau bubuk cabai, dan daun seledri. Kemudian bahan-bahan tersebut diuleni hingga tercampur rata. 
  1. Olesi loyang dengan sedikit minyak agar loyang tidak lengket ketika akan ditaruh bahan tersebut. Kemudian ambil satu genggaman adonan lalu padatkan dan pipihkan rata di atas loyang. 
  1. Adonan yang dipipihkan tadi kemudian dipotong memanjang. Atau jika ingin bentuk lain selain stick, Anda bisa memotong dengan bentuk kotak kecil. 
  1. Selanjutnya, panaskan minyak terlebih dahulu. Masukkan adonan yang sudah dipotong kemudian masak dengan api sedang.  
  1. Diamkan adonan sampai kaku dahulu, kemudian baru dapat dibalik. Jika adonan masih lembek dan dibalik, potongan adonan tersebut akan patah. 
  1. Gorenglah stick kentang hingga berwarna kuning keemasan. Adapun untuk bentuk kentang yang kotak, gorenglah sampai krispi. 
  1. Untuk menambah kelezatan rasa, berikan topping sesuai keinginan. Anda bisa menambahkan bubuk cabai atau mayonaise agar rasanya lebih nikmat. 

Resep stick kentang keju tersebut sangat mudah bukan? Selain praktis, camilan ini sangat cocok dinikmati ketika sedang santai bersama keluarga. Jangan lewatkan camilan favorit keluarga saat #DiRumahAja ya. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close