7 Tempat Wisata Ramah Disabilitas di Indonesia

WISATA, malangpost.id – Anda tentu tahu Indonesia memiliki begitu banyak tempat wisata, bukan? Tapi, apakah ada banyak tempat wisata ramah disabilitas di Indonesia?

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui, kalau tanggal 3 Desember adalah Hari Disabilitas Internasional. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu disabilitas. Selain itu, diharapkan kesadaran akan pemenuhan hak penyandang disabilitas dari aspek sosial, politik, ekonomi, dan lainnya.

Sudah banyak fasilitas umum yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Mulai dari halte bus, trotoar, bandara, dan lainnya. Sayangnya, masih sedikit pengelola hotel dan tempat wisata yang menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas, seperti jalur khusus dan toilet.

Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa tempat wisata ramah disabilitas, nih! Berikut rekomendasinya:

Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Biasa disebut dengan Monas, bangunan ini merupakan ikon kota Jakarta. Monas juga salah satu tempat wisata paling populer di Jakarta. Monumen Nasional memilki banyak pengunjung, terutama di hari libur.

Anda bisa eksplor Ruang Kemerdekaan untuk mendengarkan suara Presiden Soekarno saat membacakan teks proklamasi. Jangan lupa mampir untuk melihat diorama mengenai sejarah Indonesia sejak zaman prasejarah. Tidak ketinggalan, saksikan kota Jakarta dari ketinggian dengan naik ke pelataran atau puncak Monas.

Ternyata, tempat wisata ini juga sangat ramah untuk penyandang disabilitas. Tersedia kursi roda di dekat pintu masuk utama dekat Patung Arjuna Wijaya. Selain itu, tersedia lift khusus pengguna kursi roda di dalam tugu Monas untuk menjangkau lantai paling atas.

Museum Angkut Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Wisatawan yang datang ke Museum Angkut bisa melihat koleksi alat-alat transportasi di seluruh dunia. Anda bisa melihat beragam jenis transportasi yang digunakan di Inggris, Belanda, Jerman, dan Amerika Serikat.

Dengan penataan ruangan yang rapi dan luas serta pencahayaan yang baik, Anda dan keluarga akan betah berada di museum ini. Tidak itu saja, fasilitas penunjang yang ada juga sangat ramah bagi disabilitas.

Jalur di area wisata hits di Jawa Timur ini cukup mudah dilalui dengan nyaman bagi wisatawan yang menggunakan kursi roda. Selain itu, 70% ruangan diorama berada dalam ruangan, jadi Anda terhindar dari hujan dan panas.

Tidak kalah penting, tersedia lift untuk menuju ke lantai atas yang bisa digunakan wisawatan disabilitas. Anda juga bisa menemukan toilet khusus pengguna kursi roda yang menjadikan Museum Angkut salah satu tempat wisata ramah disabilitas yang sangat populer.

Museum Geologi, Bandung, Jawa Barat

Museum yang terletak di Jalan Diponegoro, Bandung, ini merupakan salah satu museum yang banyak dikunjungi siswa sekolah. Tidak itu saja, Museum Geologi juga menjadi salah satu tempat wisata ramah disabilitas.

Hal ini didukung dengan adanya infrastruktur yang disesuaikan untuk kebutuhan pengunjung dengan disabilitas, seperti ramp dan lift. Pengunjung yang menggunakan kursi roda bisa dengan mudah mengakses ruangan dalam museum.

Tersedia juga perangkat melalui tayangan bahasa isyarat dan keterangan dalam huruf braille sehingga pengunjung disabilitas bisa memahami informasi yang diberikan. Terlebih lagi, pengunjung dengan disabilitas tidak dipungut biaya masuk!

Fairy Garden, Bandung, Jawa Barat

Mungkin Anda cukup familier dengan Maribaya Lodge, salah satu tempat wisata populer di Bandung. Untuk mendukung hak penyandang disabilitas, pengelola Maribaya Lodge membuat area wisata Fairy Garden tepat di depan The Lodge Maribaya.

Fairy Garden adalah kebun luas dengan desain tanaman dan bunga-bunga indah. Sangat ramah bagi disabilitas, tersedia ramp khusus di dalam area yang mudah diakses pengguna kursi roda.

Di pintu masuk,  terdapat pintu gerbang khusus penyandang disabilitas untuk memudahkan pengunjung. Pengelola juga menyediakan toilet ramah disabilitas.

Museum Benteng Vredeburg, Jogjakarta

Museum yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Yogyakarta ini menampilkan ratusan diorama tentang sejarah Indonesia. Menariknya, Museum Benteng Vredeburg dilengkapi akses dan kursi roda bagi penyandang disabilitas.

Anda bisa melihat fasilitas ramah disabilitas dari mulai trotoar di Malioboro hingga masuk ke bagian dalam Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Tersedia aksesibilitas lainnya berupa ramp di setiap pintu masuk maupun pintu keluar yang memiliki ketinggian berbeda. Anda bisa menemukannya mulai dari meja pelayanan, diorama 1 hingga diorama 4. Pengelola juga menyediakan kursi roda jika ada pengunjung yang membutuhkan.

Masjid Al-Akbar Surabaya

Beberapa kota besar di Indonesia memiliki masjid raya yang menjadi ikon kota sekaligus tempat wisata. Salah satu masjid terbesar di Indonesia adalah Masjid Al-Akbar yang berada di Surabaya.

Masjid ini menyediakan fasilitas khusus untuk kenyamanan pengunjung disabilitas. Sejumlah fasilitas yang ada dalam masjid ini diantaranya dua akses jalan khusus bagi penyandang disabilitas. Pengelola juga menyediakan dua tempat wudhu khusus dan kursi roda. Fasilitas ini telah disediakan sejak 2006 lalu.

Berlibur atau berwisata menjadi salah satu kebutuhan untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Mereka juga berhak untuk berkunjung ke tempat wisata dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan.

Walaupun belum semua tempat wisata di Indonesia ramah bagi penyandang disabilitas, diharapkan kedepannya semakin banyak pengelola yang memperhatikan dan mengakomodir kebutuhan ini. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close