Bagaimana Memulai Menjadi Seorang Blogger?

RAGAM, malangpost.id – Berpenghasilan dari internet kini tidak lagi sulit. Hal inilah yang memunculkan profesi internet marketer atau digital marketing. Nah tahukah Anda bahwa menghasilkan uang juga bisa diperoleh dengan cara menjadi seorang blogger? 

Mungkin yang banyak kita kenal adalah berpenghasilan melalui online shop saja. Namun, blogger ini juga merupakan potensi yang sangat besar lho! Jika sudah andal, penghasilannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta setiap bulan. 

Tentu Anda tertarik bukan? Hanya dengan kemampuan menulis Anda bisa melakukannya. Akan tetapi, tidak sesederhana itu. Pelajari terlebih dahulu tekniknya. 

1. Tentukan penyedia blog yang ingin Anda gunakan 

menjadi seorang blogger tentukan dulu penyedia webnya
Tentukan dahulu mau menggunakan platform web yang mana.

Sebelum menjadi seorang blogger, tentu Anda harus memiliki sebuah blog terlebih dahulu. Saat ini banyak penyedia blog yang bisa Anda pilih dengan praktis. Misalnya blogspot, wordpress, medium, dan sebagainya. 

Ketika penyedia website tersebut gratis, tetapi fiturnya terbatas. Jika ingin lebih leluasa dalam menggunakan fitur website, Anda bisa beralih ke self hosting. Caranya, hanya tinggal membeli hosting ke penyedia hosting kemudian mengintegrasikannya dengan media wordpress atau lainnya. 

Nah media web inilah yang akan menjadi ladang bagi Anda untuk berkarya sebagai blogger. Perbanyak melakukan riset tentang blog mana yang tepat mewadahi website Anda ya! 

2. Tentukan niche blog dan rancang konten 

niche blog
Seumpama kelopak bunga, niche apa yang Anda pilih?

Setelah mengetahui media mana yang digunakan, selanjutnya tentukan niche blog. Niche merupakan tema atau topik yang diangkat sebagai ide dasar dari sebuah website. Niche ini bisa campuran, tetapi bisa hanya satu saja. 

Namun, untuk blogger pemula, direkomendasikan memilih satu niche saja. Misalnya tentang pendidikan, sosial, gaya hidup, kecantikan, dan sebagainya. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa fokus dengan satu topik terlebih dahulu. 

Sebab, pada awal perintisan blog nantinya, konsistensi Anda akan diuji. Jika memilih banyak niche sekaligus, belum tentu seluruhnya maksimal. Kecuali jika memang sumber daya yang digunakan lebih banyak. 

3. Pilih tema, plugin, dan atur menu blog Anda 

tema - menjadi seorang blogger
Sesuaikan tema dengan niche blog.

Memiliki website sudah, memilih niche sudah. Selanjutnya aturlah tema, plugin, dan menu yang ada dalam blog Anda. Rangkaian hal tersebut sangat penting untuk menentukan tampilan website Anda. 

Seperti yang kita ketahui, tampilan secara visual sangat berpengaruh di dunia maya. Oleh karenanya, aturlah sebaik mungkin tampilan website Anda agar pengunjung nyaman. Jangan lupa untuk menyertakan menu navigasi agar perpindahan mudah. 

Hal ini juga memudahkan mesin pencari untuk mengenali website-website baru. Dengan tampilan yang mudah, website Anda dapat lebih mudah terindeks oleh Google 

4. Untuk menjadi seorang blogger andal, kuasailah teknik menulis yang benar 

teknik menulis
Usahakan hasil tulisan enak dibaca.

Nah secara keseluruhan, website Anda sudah siap untuk digunakan. Untuk menjadi seorang blogger yang andal, kuasailah teknik menulis yang benar. Konten is the king. Begitulah istilahnya. Konten merupakan segala yang menentukan keberjalanan website Anda. 

Tanpa konten, tentu saja website akan mati dan tertinggal updaate. Untuk mulai membuat konten, perhatikan terlebih dahulu teknik menulis yang benar. Sebab, tulisan Anda akan dipublikasikan dalam internet. 

Artinya seluruh penjuru dunia bisa mengakses tulisan Anda. Jika tidak benar dalam menulis, Anda bisa menyebarkan informasi yang salah. Entah karena penggunaan tanda baca ataupun kemampuan merangkai kata yang masih perlu diperbaiki. Namun, intinya teruslah menulis karena tidak ada yang sempurna, yang ada adalah terus menyempurnakan. 

5. Selain itu, menjadi seorang blogger semestinya mempelajari SEO 

menjadi seorang blogger, kuasai SEO
Optimasi SEO sebagai teknik meningkatkan halaman website.

Setelah menulis konten, blogger perlu beradaptasi dengan mesin pencari Google. Salah satu teknik yang familiar digunakan dalam bidang “pengindeksan” adalah teknik SEO. Search Engine Optimisation merupakan teknik yang berguna untuk memudahkan mesin pencari dalam mengenali website kita. 

Lakukan optimasi SEO ketika ingin menjadi seorang blogger yang andal. Optimasi SEO bisa meliputi SEO on page dan SEO offpage. Kedua teknik ini dapat dikombinasikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Optimasi on page dilakukan melalui website secara internal. Misalnya dengan memperbaiki kualitas konten, memasukkan kata kunci tulisan, menambahkan gambar, melengkapi deskripsi, dan sebagainya. 

Sementara itu, optimasi SEO off page dilakukan melalui luar website. Misalnya menambahkan backlink. Nah teknik oprimasi SEO ini sangat penting ya! 

Nah, menjadi seorang blogger tidak sulit bukan? Setelah semuanya lengkap, jangan lupa untuk menyebarkan website Anda ya! Tujuannya tentu agar lebih dikenal dan memiliki banyak viewers. Selamat berproses! 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close