Ini 9 Pelajaran Berbisnis yang Bisa Diambil dari Start Up

Pelajaran berbisnis seperti apa sih yang didapat di drama Start Up?

RAGAM, malangpost.id – Anda pasti sudah menonton drama Korea Start-Up bagi penggemar drama apalagi yang up to date. Jangan khawatir, bagi yang ingin menontonnya bisa langsung saja cari di internet dan kebetulan episodenya sudah selesai. Siapa tahu anda tertarik untuk menontonnya.

Setiap drama maupun film pasti memiliki hikmah masing-masing atau pelajaran yang bisa diambil. Salah satunya, Start-Up di drama ini memiliki pelajaran berbisnis yang bisa dicoba maupun diambil. Sesuai judulnya, tentang Start-Up.

Jadi, jangan salah. Anda tidak sia-sia melihat karya yang positif. Berikut ini beberapa pelajaran berbisnis yang bisa diambil dari drama Korea Start-Up, diantaranya:

1. Gelar Bukanlah Segalanya

Tokoh Seo Dal Mi dalam drama Start-Up merupakan salah satu perempuan lulusan SMA tetapi ia bisa menjadi CEO. Tepatnya, CEO Samsan Tech dan Cheonmyeong Company hasil dari perjuangannya. Ia bisa bersaing dengan lulusan Universitas ternama.

Dalam drama itu, ia pernah memenangkan Sandbox’s Demo Day dan terpilih jadi CEO di program Hackathon Sandbox.

2. Berani Mencoba Hal Baru beserta Siap akan Konsekuensinya

Menjadi seorang pebisnis harus siap dengan konsekuensi yang ada. Mengingat mengambil suatu keputusan juga terdapat konsekuensinya. Seorang pebisnis juga diharuskan suka mencoba hal yang baru. Karena tanpa itu, anda tidak akan berkembang.

3. Menang dan Kalah adalah Hal Biasa

Menang dan kalah adalah hal biasa dalam kehidupan, salah satunya dalam hal bisnis. Menjadi pebisnis tidaklah muda. Mengingat konsekuensi yang didapat cukup besar sampai besar. Sehingga penguatan mental juga perlu agar anda tidak gampang down. Entah saat anda kalah maupun menang.

4. Jangan Takut Mendapatkan Kritik maupun Saran

Kadang ada-ada saja orang yang memberikan kritikan pedas maupun saran kepada kita. Kalau kritikan dan saran tersebut membangun maka selamat anda bisa mengambil keputusan dan melangkah lebih lanjut. Namun, jika kritikannya pedas dan sarannya tidak membangun bagaimana?. Kuatkan mental yah.

5. Berusaha secara Maksimal dan Pantang Menyerah

Nah, ini yang perlu ada dalam mental pebisnis. Harus berusaha semaksimal mungkin dan jangan gampang menyerah. Alias pantang menyerah. Mengejar mimpi itu perlu agar tidak hilang arah dan motivasi untuk hidup. Jadi jangan menyerah yah!.

6. Cari Orang Berpengaruh atau Mentor yang Bisa Diajak Mengembangkan Bisnis Anda

Ini perlu, karena tanpa guru maupun mentor, kita pasti akan hilang arah dan tidak tahu mau dibawa kemana bisnis ini. Sehingga dalam bisnis, perlu arahan dan masukan yang bermutu guna tercapai dan majunya bisnis tersebut. Jangan sampai salah memilih yah, baik mentor maupun orang ahlinya.

7. Bisa Melakukan Kerja Team Work

Di zaman saat ini, cara kerja tidak hanya membutuhkan secara individu tetapi kebanyakan sekarang kerja kelompok. Dengan memiliki team work yang berhasil kompak maupun solid maka semua masalah dan urusan bisa teratasi. Maksimal dengan baik. Jadi pintar-pintarnya anda bekerja sama yah.

8. Jangan Menyesali Suatu Hal Terlalu Lama

Menjadi sosok yang berani dan tidak takut mengambil keputusan adalah salah satu kunci dalam memperpendek penyesalan yang ada. Dalam artian, dalam melakukan bisnis jangan sampai anda terlalu lama menyesal dengan keputisam yang anda ambil salah. Karena bisnis harus tetap jalan.

Nah, itulah 8 pelajaran yang bisa anda ambil terkait dengan bisnis di drama Star-Up. Semoga berhasil dan beruntung. Siapa tahu dengan membaca ini, setelahnya anda bisa menjadi pebisnis yang hebat dan tangguh.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close