Intip Yang Lagi Trending Yuk! Ini 5 Fakta Sosmed Terbaru Clubhouse!

Sudahkah Anda mendengar tentang sosmed terbaru Clubhouse yang mencuri perhatian belakangan ini? Aplikasi yang satu ini menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen.

RAGAM, malangpost.id – Bagi yang belum tahu, Clubhouse adalah aplikasi obrolan suara yang dikembangkan melalui software Alpha Exploration Co. Dirilis Maret 2020 lalu, creator Clubhouse adalah Paul Davision dan Rohan Seth. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melalukan panggilan suara, streaming audio, hingga membuat acara dengan topik khusus seperti podcast.

Sederhananya, aplikasi ini adalah salah satu platform untuk diskusi virtual dengan topik tertentu yang bisa disaksikan pengguna lain secara langsung jika mendapat undangan dari penggagas diskusi.

Penasaran ingin tahu bergabung? Eits, tunggu dulu! Ketahui dulu beberapa fakta tentang Clubhouse sebelum Anda mencoba aplikasi ini.

1. Saat ini hanya bisa digunakan di iOS saja

Saat ini, aplikasi Clubhouse baru hadir secara eksklusif untuk sistem operasi iOS. Artinya, hanya pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch saja yang baru bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Clubhouse hanya kompatibel dengan perangkat yang telah memiliki versi iOS 13 atau yang lebih baru. Pengguna iOS bisa mendapatkannya melalui App Store.

2. Harus mendapatkan undangan

Ternyata, tidak semua pengguna produk Apple meskipun sudah memiliki versi iOS 13 atau lebih bisa langsung mencoba dan bergabung dengan aplikasi ini. Sebabnya, Clubhouse mengusung konsep unik dimana peminat yang belum memiliki aplikasi harus mendapat undangan (join) dari pengguna Clubhouse yang sudah bergabung sebelumnya.

Untuk mengirim pesan berisi tautan ke situs Clubhouse, pengundang harus memiliki nomor telepon orang yang akan diundang. Calon pengguna bisa membuat akun dengan menggunakan nomor telepon tersebut.

Setiap anggota baru nantinya bisa mengundang dua orang lain, yang jumlahnya akan bertambah seiring peningkatan pemakaian. Karenanya, jumlah pengguna aplikasi ekslusif ini masih sangat terbatas.

3. Pengguna Android harus bersabar

Bagi pengguna smartphone dengan sistem Android masih harus bersabar lebih lama untuk bisa menjajal aplikasi ini. Dilansir dari situs resmi Clubhouse, dua pendirinya mengabarkan bahwa Clubhouse untuk versi Android sedang dalam proses. Mereka ingin Clubhouse menjadi aplikasi yang bisa digunakan di kedua sistem oleh semua orang.

4. Aplikasi gratis, tapi banyak dijual

Bagi pengguna iOS yang berminat untuk mencoba Clubhouse sebenarnya hanya perlu meminta undangan kepada kenalan atau kerabat yang sudah lebih dahulu bergabung. Undangannya pun gratis, tidak ada biaya sepeserpun. Anda juga bisa mengunduh dari App Store secara gratis.

Meski demikian, ada sejumlah pengguna Clubhouse yang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan dengan menjajakan undangan keanggotaan tersebut di e-commerce. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp. 99.000 hingga Rp. 250.000.

5. Populer berkat tweet Elon Musk

Kenapa Clubhouse bisa menjadi sangat populer? Ternyata, booming Clubhouse bermula dari cuitan Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX pada 1 Februari lalu. Isi tweet dalam akun Twitter-nya adalah “Di Clubhouse malam ini pukul 10 malam waktu LA”.

Cuitan tersebut merujuk pada kehadirannya di sesi bincang-bincang di aplikasi Clubhouse pada ruang “Good Time Club”. Acara bincang-bincang tersebut kemudian diunggah paa tanggal 2 Februari 2021 di kanal Youtube Tesla Owners Online. Dari sinilah popularitas Clubhouse meroket hingga mencapai dua juta pengguna sampai saat ini.

Bagaimana? Tertarik untuk ikut bergabung dengan Clubhouse? Bagi Anda pengguna iOS, segera dapatkan undangan secara gratis melalui rekan, keluarga, dan teman. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *