Benarkah Konsumsi Cokelat Bisa Redakan Stress? Ini Faktanya!

Sedang merasa stres karena dikejar deadline pekerjaan atau tugas pelajaran yang menumpuk? Konsumsi cokelat saja untuk membangkitkan mood!

RAGAM, malangpost.id – Hayo, siapa saja nih yang suka cokelat? Makanan manis yang satu ini memang menjadi favorit semua orang. Tak sedikit juga yang menjadikan cokelat sebagai ‘alat perang’ untuk melawan mood negatif seperti cemas, bosan, lelah, sedih, dan gugup.

Dengan beragam rasa dan bentuk yang unik, cokelat menjadi salah satu pilihan hadiah atau oleh-oleh. Bahkan, banyak yang mengonsumsi dark cokelat saat stres untuk menaikkan mood atau mengurangi stres. Memang, cokelat diyakini memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi stres dan juga meningkatkan suasana hati.

Kandungan dalam cokelat

Cokelat yang selama ini kita kenal merupakan olahan yang terbuat dari biji kakao. Bubuk kakao yang dihasilkan kemudian diolah menjadi berbagai macam jenis, mulai dari bubuk cokelat dan cokelat batangan. Bubuk kakao juga menjadi penambah rasa pada makanan seperti kue dan es krim.

Baca juga: Siap Manjakan Lidah Anda? Ini Dia 9 Kedai Es Krim Paling Ngehits di Bandung!

Banyak orang yang merasakan penurunan suasana hati (mood) atau sedang merasa cemas kembali bersemangat setelah mengonsumsi cokelat. Hal ini dipercaya karena kandungan senyawa dalam biji kakao yang bermanfaat bagi tubuh.

Biji kakao (foto: unsplash.com/@rodrigoflores_photo)

Diantaranya senyawa yang mengadung:

  • Antioksidan ((polifenol dan flavonoid)
  • Asam amino (triptofan, tirosin, dan fenilalanin)
  • Kafein
  • Alkaloid (teobromin, anadamida, dan fenetilamina).

Senyawa flavonoid dalam cokelat bisa meningkatkan kesehatan, seperti mencegah kanker, mencegah risiko penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Sementara, senyawa fenetilamina di dalam cokelat adalah senyawa yang bisa merangsang peningkatan penyerapan triptofan ke dalam otak. Triptofan ini kemudian diolah menjadi dopamin.

Nah, dopamin inilah yang bisa membuat orang yang mengonsumsi cokelat merasa bahagia dan meningkatkan konsentrasi otak.

Konsumsi cokelat untuk meredakan stres

Dengan beragam manfaat, termasuk meredakan stres, sebaiknya Anda memilih produk cokelat yang tepat. Pilihan cokelat hitam (dark chocolate) menjadi produk yang paling tepat karena tidak mengandung banyak tambahan gula, susu, dan pemanis. Kandungan enzim polifenol dalam cokelat hitam menimbulkan efek menenangkan dan bahagia.

Nah, ini dia beberapa manfaat mengonsumsi cokelat, khususnya dark chocolate untuk mengatasi stres:

Dark chocolate dengan kandungan kakao tinggi (foto: unsplash.com/@rodrigoflores_photo)

Sebagai pembangkit semangat

Sebagian jenis cokelat, seperti dark chocolate mengandung kafein yang bisa meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk bekerja.

Meningkatkan mood

Cokelat hitam bisa meningkatkan kesehatan pada otak. Selain itu, mengonsumsi dark chocolate juga mampu memberikan pengaruh positif atas pemikiran.

Memberikan rasa bahagia

Selain bisa meningkatkan produktivitas kerja, dark chocolate juga mampu mengubah mood. Kandungan feniletilamin dan dopamine yang baik bagi otak juga bisa menimbulkan rasa bahagia.

Mengurangi stres

Saat seseorang mengalami stres, bagian tubuh yang merespon rasa stres tersebut adalah kortisol. Kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat saat kita mengalami stres. Cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat mengurangi kadar kortisol.

Perhatikan jumlah konsumsi cokelat

Meskipun cokelat memberikan banyak manfaat, ada beberapa jenis cokelat yang mengandung banyak bahan tambahan seperti gula, susu, dan pemanis lainnya. Sebaiknya konsumsi cokelat tidak berlebihan dan hindari mengonsumsi dark chocolate sebelum tidur.

Karena kandungan kafein di dalamnya, seseorang yang sensitif terhadap kafein bisa terserang insomnia jika mengonsumsi cokelat sebelum tidur. Jika ingin mendapatkan manfaat untuk mengurangi stres, pilihlah jenis cokelat dengan kandungan kakao minimal 60%.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close