Ini Hewan Peliharaan Yang Mudah Merawatnya, Tips Bagi Pemula

Ingin memelihara hewan untuk teman di rumah? Berikut beberapa hewan peliharaan yang perawatannya mudah!

HOBBY, malangpost.id – Memiliki hewan peliharaan yang lucu dan unik bisa menjadi alternatif mengobati kejenuhan. Siapa yang tak gemas melihat tingkah laku lucu mereka? Hewan peliharaan juga bisa menjadi teman bermain. Namun, memiliki hewan peliharaan termasuk susah-susah gampang dalam hal perawatan.

Terutama bagi Anda yang sibuk bekerja. Selain itu, memelihara hewan membutuhkan komitmen dan tanggung jawab. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba memelihara dan merasa masih pemula, berikut beberapa rekomendasi hewan yang mudah dipelihara.

1. Ikan hias

hewan peliharaan
Ilustrasi ikan hias (foto: kabarbesuki.pikiran-rakyat.com)

Ini dia hewan peliharaan yang paling mudah perawatannya. Apalagi, buat Anda yang selalu sibuk setiap harinya dan tidak ada yang bisa membantu. Cukup membeli akuarium dan ikan hias air tawar, Anda sudah memiliki hewan peliharaan.

Selain itu, Anda hanya perlu mengganti air dan membersihkan akuarium satu kali dalam seminggu. Beberapa ikan yang mudah dipelihara diantaranya Mas Koki, Tetra, Cupang, dan Manfis. Jangan lupa memberi makan ikan sebelum Anda keluar rumah, yah!  

2. Hamster

Hamster bisa jadi hewan peliharaan (foto: unsplash.com/@ohaikatherine)

Anda akan dibuat gemas dengan binatang pengerat yang satu ini. Dengan bentuk tubuk yang kecil dan imut, memelihara hamster tidak memerlukan banyak tempat dan peralatan. Memelihara hamster hanya membutuhkan kandang dan makanan.

Apalagi, perawatannya juga tergolong cukup mudah. Anda bisa membersihkan alas kandang setidaknya dua kali sehari. Jika tidak, hamster akan cepat mudah stress jika tempat yang ia tempati kotor. Oh iya, Anda perlu tahu, nih! Hamster adalah mahluk nocturnal. Jadi, binatang ini aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

3. Kucing

hewan peliharaan
foto: unsplash.com/@jasmint

Hewan peliharaan yang mudah dirawat berikutnya adalah kucing. Dengan bulu halus dan wajah yang menggemaskan, kucing bisa menjadi teman sekaligus penghibur dikala stres. Kucing dikenal memiliki sifat manja, tapi kucing juga setia.

Untuk perawatannya, berikan kucing makan dua kali sehari. Untuk mencegah penyakit, hewan berkaki empat ini juga wajib divaksin, nih! Selain itu, Anda juga perlu rutin memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan.

Jenis kucing kampung paling mudah perawatannya. Untuk kucing impor lucu, seperti Anggora, Persia, hingga Munchkin memiliki perawatan berbeda dan makanan khusus. Perawatan jenis kucing ini memang lebih rumit dibanding kucing kampung.

4. Kura-kura

foto: shutterstock

Buat Anda yang ingin hewan unik untuk dipelihara, kura-kura Brazil bisa menjadi pilihan. Anda akan dibuat jatuh hati pada pandangan pertama dengan gerakannya yang lambat, serta karakternya yang lembut. Kura-kura memiliki cangkang indah yang membuat tampilannya unik.

Untuk perawatan kura-kura juga cukup mudah, cukup dengan memberinya makan tumbuhan dan mengganti air secara berkala. Kura-kura akan selalu menemani Anda, karena memiliki usia panjang, hingga 50 tahun.

5. Burung

hewan peliharaan
foto: unsplash.com/@biancablah

Anda bisa menikmati keindahan warna-warni bulu hewan peliharaan dengan memelihara burung seperti parkit, kakak tua, merpati, dan beo. Suara kicauaunnya yang merdu juga bisa menemani Anda dan membuat rileks.

Memelihara burung cukup dengan memberinya makan, minum, dan membersihkan sangkarnya. Oh iya, burung adalah mahluk sosial yang membutuhkan perhatian. Jadi, ajak burung peliharaan bermain, yah!  

6. Anjing

foto: halalmedan.com

Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang patuh dan sangat setia, membuatnya dikenal sebagai sahabat manusia. Sebagai binatang aktif, anjing banyak bergerak. Jadi, cocok nih buat Anda yang ingin ditemani saat jogging.

Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memelihara anjing karena membutuhkan perlakuan dan makanan berbeda untuk setiap jenis dan rasnya. Anjing juga memerlukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tentukan ras yang sesuai dengan karakteristik Anda sebelum mengadopsi anjing.

Hewan peliharaan dengan perawatan mudah

Itu tadi hewan-hewan dengan perawatan cukup mudah yang bisa Anda pelihara. Hewan peliharaan bisa menjadi teman sekaligus penghibur Anda. Karenanya, perhatikan kebutuhan mereka dengan baik, yah! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close