Anda Harus Tahu! Perbedaan Food Processor, Chopper, Blender, dan Juicer

Ternyata, ada perbedaan pengolah makanan, seperti food processor, chopper, blender dan juicer

RAGAM, malangpost.id – Anda pasti tahu, dalam menyiapkan makanan, ada beberapa proses yang perlu dilakukan, seperti mengiris, mencampur, menghaluskan, dan mencincang bahan makanan. Pekerjaan ini cukup menyita waktu dan tenaga. Terutama, jika bahan makanan yang diperlukan dalam jumlah banyak.

Bagi mereka yang memiliki waktu terbatas, tentunya menginginkan perlengkapan dapur yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dengan kondisi ini, tidak sedikit industri peralatan memasak berlomba mengeluarkan produk pengolah makanan, mulai dari blender, juicer, food processor, dan chopper.

Hal ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin menyiapkan hidangan dengan cara praktis dan mudah. Nah, tahukah Anda, meskipun fungsi dari peralatan tersebut terlihat sama, tapi sebenarnya berbeda dari segi wadah, mata pisau, dan alat pemotong?

Berikut perbedaan pengolah makanan food processor, chopper, blender dan juicer yang Anda perlu tahu!

Food processor

Salah satu contoh food processor (foto: goodhousekeeping.com)

Food processor dirancang dan diciptakan untuk membantu meringankan pekerjaan dalam mengolah makanan. Alat ini bisa mengiris, mencampur, menghaluskan, dan mencincang bahan makanan yang lebih padat atau kering dengan lebih mudah dan cepat.

Perlengkapan dapur ini ada yang menggunakan listrik maupun manual untuk pengoperasiannya. Selain itu, pisau pada food processor bisa dilepas dan diganti-ganti, tergantung dari bahan makanan yang ingin diproses.

Karenanya, food processor lebih serba guna dibandingkan blender. Namun, food processor tidak bisa mengolah makanan cair. Dengan fungsinya yang serba guna, harga food processor cenderung lebih mahal dibandingkan blender.

Chopper

Chopper atau food chopper, berfungsi untuk menghaluskan makanan (foto: SHUTTERSTOCK/BANE.M)

Mirip dengan food processor, chopper juga lebih fungsional dibandingkan blender. Chopper bisa memotong, menggiling, dan mencampur bahan makanan, baik yang keras ataupun kering. Anda juga bisa membuat bumbu halus dan menghaluskan daging menggunakan chopper.

Untuk bentuknya sendiri juga mirip dengan food processor, tapi lebih kecil dan sederhana. Karenanya, chopper cocok untuk mereka yang memasak dalam jumlah lebih sedikit. Namun, chopper memiliki mata pisau yang cukup besar yang berfungsi untuk menghaluskan daging. Harganya pun lebih murah daripada food processor.

Blender

Blender sangat cocok untuk membuat jus dan smoothies (foto: cookin.id)

Anda bisa melihat penggunaan blender sehari-hari. Seperti yang mungkin Anda tahu, blender lebih banyak berfungsi untuk menghancurkan dan menghaluskan. Idealnya, blender digunakan untuk menyiapkan atau mencampur minuman, seperti jus, susu kocok, atau menghancurkan es batu.

Berbeda dengan food processor, blender memiliki wadah yang lebih tinggi dan juga ukuran empat mata pisau yang kecil. Mata pisau ini bisa diatur kecepatannya sesuai dengan ketersediaan kecepatan yang ada.  

Buat Anda yang gemar membuat jus atau smoothies, blender merupakan alat yang cocok karena tidak ada serat yang terbuang. Hal ini disebabkan karena blender hanya menghancurkan dan mencampur.

Juicer

Salah satu jenis juicer (foto: reviewed.com)

Dibandingkan dengan blender, juicer memiliki bentuk yang lebih besar dan berbentuk seperti tabung. Pada bagaian atas, terdapat tongkat pendorong yang berfungsi untuk mendorong buah atau sayuran ke bawah untuk kemudian diproses.

Selain itu, juicer memiliki 2 tabung, yaitu tabung jus dan wadah ampas. Dengan bentuknya yang seperti ini, kandungan serat dalam juicer akan berkurang. Hal ini disebabkan karena serat tidak larut, tapi dibuang melalui wadah ampas.

=====

Itu tadi perbedaan perbedaan antara food processor, chopper, blender dan juicer yang perlu Anda ketahui. Jadi, jika membutuhkan pengolah makanan untuk membantu proses memasak, Anda tidak salah membeli. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close