Suasana Ini Yang Paling Kamu Kangenin Ketika Lebaran, Cek Di Sini Ya!

RAGAM, malangpost.id – Tak terasa nih, Ramadhan sudah memasuki hari-hari terakhir dan Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Tentunya, tidak sabar yah menantikan suasana Lebaran? Sayangnya, Lebaran kali ini masih dalam kondisi pandemi. Juga, ada larangan mudik untuk mengurangi penularan virus Covid-19.

Namun, tidak usah khawatir! Meskipun tidak bisa pulang ke kampung halaman, kita masih bisa merayakan hari raya di rumah. Meskipun, ada momen-momen suasana Lebaran yang membuat kita kangen.

Nah, apa saja yah momen Lebaran yang bikin kangen? Yuk, ketahui di sini!

1. Mudik

Lebaran di Indonesia memang identik dengan tradisi pulang kampung. Momen ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar. Dengan kesibukan yang berbeda-beda, saat Lebaran yang berada di perantauan menyempatkan waktu untuk libur panjang dan mudik ke kampung halaman. Serunya lagi, ada sensasi selama di perjalanan yang membuat momen mudik selalu dikangenin perantau.

2. Silaturahmi dan Halal bi halal

Ini dia salah satu hal yang membuat teringat suasana Lebaran, silaturahmi dan acara halal bi halal. Biasanya setelah selesai shalat Idul Fitri diisi dengan silaturahmi antar keluarga, tetangga, dan saudara.

Ada juga yang mengadakan open house lengkap dengan menu makanan khas Lebaran. Tentunya tak boleh dilewatkan untuk menikmati aneka hidangan, mulai dari ketupat, rendang, atau opor ayam. Eits, hati-hati kolesterol, yah!

3. Bagi-bagi THR

Wah, ini dia momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang, terutama anak-anak. Saat berkumpul bersama keluarga, acara bagi-bagi THR dilakukan oleh hampir seluruh keluarga. Keseruan bagi-bagi THR nganenin banget, yah!

Oh iya, bukan hanya anak-anak saja nih yang dapat THR. Menjelang Lebaran juga umumnya pegawai mendapatkan bonus Tunjangan Hari Raya (THR) yang hanya dibagikan setahun sekali.

4. Takbiran & shalat Ied

Ilustrasi takbiran (sumber: youtube/ Hairul Aspar)

Tak lengkap rasanya menyambut Hari Raya Idul Fitri tanpa takbiran. Kemeriahan takbiran yang dilakukan pada malam sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan sebagai wujud syukur setelah menjalani puasa sebulan penuh dan menyambut hari yang suci.

Biasanya malam takbiran diisi dengan kegiatan takbir keliling. Di sini, anak-anak berkeliling membawa bedug atau sejenis obor sambil menggemakan takbir. Paginya, umat muslim berbondong-bondong menuju masjid dan lapangan terbuka untuk melaksanakan sholat Ied bersama-sama.

5. Mengenakan baju Lebaran

Meskipun baju baru tidak wajib, namun Lebaran identik dengan baju baru. Bagi sebagian orang, Lebaran menjadi momen untuk membeli pakaian baru sebagai hadiah setelah melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Tidak beli baju baru? Tidak masalah, koq!

6. Menikmati hidangan khas Lebaran

Merayakan Lebaran rasanya kurang afdol kalau tidak ada hidangan khas Lebaran. Meskipun kita bisa menemukan beberapa makanan tersebut di luar hari raya, Lebaran menjadi khas dengan hidangan istimewa yang disajikan. Mulai dari ketupat, opor ayam, sayur gulai, rendang, semur, hingga sambal goreng ati.

7. Mencicipi kue-kue kering

Beragam hidangan kue kering yang wajib ada saat Lebaran (foto: Pixabay)

Selain makanan yang wajib ada saat merayakan Lebaran, biasanya juga dihidangkan beragam jenis kue-kue kering. Anda bisa menemukan nastar, kastangel, lidah kucing, kue putri salju, dan masih banyak lainnya. Tidak ketinggalan kue-kue tradisional yang khusus dibuat saat Lebaran di beberapa daerah, seperti kue sagoon, kembang goyang, dan kue biji ketapang.

8. Berziarah

Di beberapa daerah di Indonesia, suasana Lebaran juga identik dengan berziarah ke makam keluarga yang telah tiada. Umumnya ziarah kubur dilakukan dengan mengunjungi makam leluhur, seperti kakek, nenek, orang tua, dan saudara.

Wah, jadi tambah kangen yah dengan suasana Lebaran. Momen-momen yang jarang bisa dilakukan di luar hari raya. Meskipun tidak bisa mudik, Anda masih bisa berkomunikasi dengan keluarga jauh dengan bantuan teknologi. Selamat Lebaran! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close