Tips Menanam Anggrek Di Pot yang Mudah Diterapkan agar Berbunga Indah

Punya lahan terbatas namun ingin menanam anggrek? Simak tips menanam anggrek di pot yang bisa Anda coba!

ME-TIME, malangpost.id – Siapa yang tak kenal dengan anggrek, tanaman hias indah dengan bunga cantik beraneka warna. Bunganya yang indah membuat tanaman hias ini banyak digemari orang. Namun, tak sedkit yang beranggapan kalau menanam anggrek terbilang rumit karena membutuhkan penanganan khusus.

Anda tak perlu khawatir! Dengan sedikit kesabaran, Anda bisa menanam sendiri dan melihat bunga anggrek ini bermekaran dengan indah.

Anggrek bisa ditanam langsung di pekarangan rumah. Selain itu, tanaman ini juga bisa ditanam di dalam pot. Jika Anda ingin mencobanya, berikut tips menanam anggrek di pot untuk mendapatkan bunga yang indah.

Menyiapkan bibit

Ada berbagai jenis anggrek yang ada saat ini. Untuk menanam anggrek dalam pot, Anda harus menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Pilihlah bibit anggrek yang sehat dan tidak terpapar hama.

Anda bisa memilih bibit yang daunnya berwarna hijau cerah, lebar, dan panjang. Selain itu, pilih anggrek yang akarnya tidak keluar dari dalam pot untuk menghindari kebusukan pada akar.

Baca juga: Kenali Jenis Tanaman Hias Yang Mudah Perawatannya

Siapkan pot dan media tanam

Untuk menanam anggrek di dalam pot, pilihlah pot kecil dengan bahan plastik atau tanah liat yang memiliki dinding dengan lubang-lubang kecil. Lubang-lubang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara dan memudahkan proses drainase tanaman anggrek.

Selain itu, tanah liat akan membantu proses penyerapan air karena anggrek tidak membutuhkan banyak air. Siapkan juga media tanam, seperti arang kayu, pupuk, dan pecahan batu bata.

Penanaman

Tips menanam anggrek di pot berikutnya adalah melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Isi 1/3 bagian dasar pot dengan pecahan batu bata yang steril ke dalam pot
  • Rebus arang kayu agar steril, pecahkan menjadi ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam bagian pot yang kosong
  • Keluarkan bibit dalam kompot dengan hati-hati
  • Rendam seluruh bibit ke dalam larutan fungisida selama 15-20 menit
  • Angin-anginkan bibit agar kering
  • Setelah kering, tanam bibit kedalam pot, pastikan akar tertanam sempurna kedalam media dan posisi tanaman tegak lurus
  • Lalu biarkan selama 3-5 hari sekaligus tanpa disiram

Sebaiknya penanaman anggrek dilakukan pada sore hari agar persentase kehidupan tanaman menjadi lebih besar.

Baca juga: Manfaat Mini Garden Untuk Hunian Kesayangan Anda

Penyiraman

Anggrek merupakan tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Anda cukup menyiramnya dengan air secukupnya. Siramlah saat pagi dan sore hari. Selain itu, semprot media tanam dan daun tanaman sesekali menggunakan hand sprayer.

Pemupukan

Agar tanaman anggrek lebih sehat, Anda bisa memberikan pupuk sebagai nutrisi. Pupuk cair sangat dianjurkan saat musim panas setiap dua hingga tiga minggu selama musim tanam. Lakukan penyemprotan pupuk langsung ke daun tanaman.

Jangan terkena cahaya matahari langsung

Tanaman anggrek membutuhkan cahaya matahari untuk hidup. Namun, jangan taruh pot tanaman di bawah sinar matahari langsung. Hal ini bisa membuat tanaman ‘kepanasan’ dan daun menjadi kuning.

Kekurangan cahaya matahari juga bisa membuat tanaman tidak subur. Taruhlah tanaman di tempat yang mendapatkan cahaya terang, tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Atau bisa diletakkan di bawah pohon.

Pencegahan dan penanganan hama

Tips menanam anggrek di pot berikutnya agar berbunga indah adalah mencegah dan menangani hama. Anggrek bisa terserang penyakit seperti busuk daun atau busuk akar. Untuk tindakan preventif, Anda bisa menyemprotkan bakterisida dan fungisida untuk mengendalikan pertumbuhan jamur.

Menanam anggrek di dalam pot dengan mudah

Untuk menghubungi laboratorium anggrek bisa menghubungi BMStore

Itu tadi tips menanam anggrek di dalam pot yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Umumnya dibutuhkan waktu sekitar satu tahun dari masa penanaman hingga anggrek berbunga. Jika sudah berbunga, tanaman anggrek akan membuat rumah terlihat semakin indah.

Buat Anda yang tinggal di Kota Malang dan sekitarnya, bisa mengunjungi laboratorium anggrek BMStore di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Malang. Pondok pesantren ini beralamat di Jalan Joyo Agung No. 02, Kel. Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Di laboratorium pengembangan anggrek ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis anggrek, seperti Anggrek Cattleya, Anggrek Dendrobium, dan Anggrek Bulan. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0821-4300-0456 atau klik langsung https://wa.me.6282143000456. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *