Inspiratif! Ini 8 Judul Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah Kamu

CINEMANIA, Malangpost.id – Apakah kamu suka menonton drama? Sebagai penonton setia drama Korea, tentunya kamu akan merasa senang ketika menemukan drama yang benar-benar berhubungan denganmu. Nah, buat kamu yang masih bingung memilih jurusan atau sudah kuliah, ternyata ada drama Korea yang berkaitan dengan jurusan kuliah.

Drama Korea ini bisa kamu jadikan referensi untuk memilih jurusan dan profesi yang kamu inginkan. Yuk, simak beberapa rekomendasi drama Korea yang cocok untuk jurusan kuliah berikut ini.

1. Law School (2021)

Drama ini sangat kental dengan suasana kehidupan mahasiswa jurusan hukum. Law School bercerita tentang kejadian mengerikan yang terjadi di Universitas Hankuk. Peristiwa itu juga menyeret sejumlah mahasiswa dan dosen hukum di kampus tersebut.

Asyiknya lagi, dalam drama Law School ini, kamu akan menemukan banyak istilah hukum yang jarang terdengar oleh masyarakat umum. Nah, buat kamu yang tertarik jurusan hukum dan bercita-cita menjadi jaksa atau pengacara, drama ini bisa banget jadi bahan pembelajaran kamu.

2. Start-Up (2020)

Bertempat di SandBox, drama ini menceritakan kehidupan anak muda yang ingin membuat perusahaan rintisan atau start-up. Masing-masing karakter dalam drama ini berjuang untuk mencapai impian mereka.

Soe Dal Mi bertekad untuk mengikuti jejak ayahnya yang membangun bisnis. Sementara itu, Nam Do San adalah seorang pemuda pendiri Samsan Tech bersama kedua sahabatnya. Ia juga dikenal memiliki keahlian tinggi di bidang komputer. Mereka bertemu di SandBox dan akhirnya menjadi tim untuk membuat start-up yang dipimpin oleh seorang mentor, Han Ji Pyeong.

Drama ini memiliki banyak adegan dan naskah di bidang bisnis dan teknologi. Buat kamu yang tertarik kuliah Teknik Informatika, Teknik Komputer, atau Manajemen dan Bisnis, drama ini bisa kamu jadikan referensi. Siapa tahu kamu bisa membuat start-up juga kan?

3. Run On (2020)

Run On bercerita tentang Ki Sun Gyeom, mantan sprinter di tim nasional Korea Selatan Akibat sebuah kasus, ia akhirnya harus berhenti dari olahraga tersebut. Setelah kejadian itu, Sun Gyeom memilih untuk membuka kantor agensi olahraganya sendiri.

Sementara itu, Oh Mi Joo adalah penerjemah subtitle film. Suatu hari, Mi Joo dan Sun Gyeom tidak sengaja bertemu. Sejak itu, Mi Joo merasa bahwa dia ditakdirkan bersama Sun Gyeom.

Nah, buat kamu yang ingin masuk atau sedang kuliah di jurusan sastra khususnya sastra Inggris pasti akan berhubungan dengan Oh Mi Joo yang berprofesi sebagai penerjemah film di drama ini.

4. It’s Okay to Not Be Okay (2020)

Drama yang erat kaitannya dengan kesehatan mental ini berpusat pada dua karakter utama yaitu Moon Gang Tae dan Go Moon Young. Go Moon Young adalah seorang penulis cerita anak-anak yang memiliki masa lalu kelam. Setelah pertemuannya dengan Moon Gang Tae, seorang terapis psikologis, Go Moon Young perlahan berubah dan mampu menyembuhkan luka batin yang telah ia kubur.

Baca juga : Bosen Drakor? Ini 5 Acara TV Korea yang Cocok untuk Menemani Liburanmu!

Drama It’s Okay to Not Be Okay memang sangat dekat dengan dunia psikologi khususnya  Psikologi Klinis. Dari drama ini, metode Butterfly Hug menjadi sangat populer untuk mengontrol dan meredakan emosi.

5. Hospital Playlist (2020)

Hospital Playlist bercerita tentang persahabatan lima orang yang telah terbentuk sejak mereka masuk sekolah kedokteran. Kamu akan disuguhkan keseharian kelima dokter ini yang dipenuhi dengan berbagai kasus pasien di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Buat kamu calon dokter wajib banget nonton drama ini karena banyak kasus medis, lengkap dengan istilahnya. Kamu juga dapat belajar bagaimana berkomunikasi dengan pasien, serta melihat rutinitas sehari-hari dokter.

6. Black Dog: Being A Teacher (2019)

Bercerita tentang Ko Ha Neul yang bercita-cita menjadi guru. Dia terinspirasi oleh seorang guru yang menyelamatkan hidupnya di sekolah menengah. Ha Neul akhirnya berhasil mendapatkan posisi sebagai guru kontrak di sebuah SMA swasta. Di sekolah ini ia bertemu dengan guru-guru lain yang sangat berdedikasi. Ha Neul dan rekan-rekan guru lainnya selalu berusaha memperjuangkan impian para siswa.

Baca juga : Sinopsis Film Korea Decibel, dan Siapa Saja Castnya?

Nah, bagi kamu mahasiswa Pendidikan yang ingin memulai karir sebagai guru, drama ini cocok banget buat kamu untuk melihat kehidupan guru dan dedikasi serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang baik.

7. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Berlatar di Universitas Olahraga Haneol, drama ini menceritakan kisah Kim Bok Joo yang mengejar mimpinya menjadi atlet angkat besi dan Jung Joon Hyung yang merupakan perenang hebat. Kamu akan disuguhkan keseharian mahasiswa olahraga yang dipenuhi dengan berbagai latihan dan perlombaan.

Nah, bagi kamu mahasiswa olahraga yang ingin menjadi atlet, drama ini cocok banget buat kamu untuk melihat kehidupan atlet serta latihan yang dibutuhkan untuk menjadi atlet yang hebat dalam berbagai perlombaan.

8. Modern Farmer (2014)

Bercerita tentang empat sahabat yaitu Lee Min Ki, Kang Hyeok, Han Ki Joon, dan Yoo Han Cheol yang memiliki sebuah band namun gagal debut. Kegagalan ini menyebabkan mereka terlilit hutang dengan rentenir dan meninggalkan mobil sebagai harta terakhir. Mereka terpaksa pindah ke desa Hadurok Ri dimana nenek Min Ki meninggalkan sebidang tanah seluas 400.000 m2. Mereka beralih profesi dari pengamen menjadi petani di desa.

Baca juga : Aktor Korea Fans Lee Seung-gi!. Siapa saja ya?

Drama ini akan mengajarimu tentang bagaimana penduduk desa menggunakan media sosial untuk menjangkau konsumen, memasarkan produk pertanian, dan mengemas produk. Cocok banget nih buat kamu yang ingin belajar sistem pertanian, peternakan, atau agribisnis.

Apakah ada jurusan pilihanmu dari rekomendasi drama Korea di atas? Drama apa yang ingin kamu tonton pertama kali? Setelah memilih jurusan, kamu bisa langsung mempersiapkan diri untuk diterima di jurusan impianmu.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *