Buktikan Nasionalisme Kamu dengan Menonton 5 Film Ini!

RAGAM, Malangpost.id – Tak terasa, kita sudah berada di penghujung bulan Juli. Besok kita sudah memasuki bulan Agustus. 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia sebentar lagi diperingati. Untuk itu, kita perlu kembali meningkatkan nasionalisme, mengingat perjuangan para pahlawan di zaman itu dalam memperjuangkan kemerdekaan tanah air.

Sambil menikmati akhir pekan dan menguatkan rasa nasionalisme, sepertinya menonton film tentang perjuangan bisa jadi pilihan kamu. Ini dia 5 film rekomendasi dari Malangpost.id yang akan membangkitkan nasionalisme kamu.

1. Kartini

Raden Adjeng Kartini atau yang biasanya kita sebut Ibu Kartini adalah tokoh pejuang perempuan yang patut dijadikan teladan. Perjalanannya dalam memperjuangkan emansipasi untuk perempuan yang tidak mudah, memang mengagumkan. Kisah Ibu Kartini diangkat ke dalam sebuah film dengan judul sesuai namanya yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

2. Gie

Soe Hok Gie, mahasiswa jurusan sejarah Universitas Indonesia tahun 1962 merupakan seorang aktivis muda. Gie memiliki semangat juang dan peduli tanah air yang sangat tinggi. Ia berusaha memberantas ketidakadilan di Indonesia. Film perjuangan yang diangkat dari kisah nyata ini disutradarai oleh Riri Riza.

3. Soekarno

Film ini menceritakan masa kesil Soekarno, presiden pertama RI dari masa kecil hingga saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kisah Soekarno dalam masa pengasingan juga diceritakan dalam film ini. Dibintangi oleh Ario Bayu dan disutradari oleh Hanung Bramantyo. Ternyata, film ini sempat menuai kontroversi, loh.

Baca juga : Hari Anak Nasional: Makna dan Tujuan Memperingatinya

4. Tanah Surga… Katanya

Singkatnya, film berjudul “Tanah Surga…Katanya” menceritakan tentang seorang relawan Konfrontasi Indonesia Malaysia tahun 1965 yang hidup di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Kehidupan di perbatasan tentu sangat sulit.  Film ini layak banget untuk kamu tonton sebagai pengetahuan dan mengambil pelajarannya.

5. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film yang diperankan oleh Reza Rahadian ini diangkat dari kehidupan tokoh besar bangsa Indonesia, HOS Tjokroaminoto. HOS Tjokroaminoto adalah pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI). Banyak sekali kontribusi beliau dalam pergerakan nasionalisme di Indonesia.

5 film rekomendasi dari Malangpost.id yang akan membangkitkan nasionalisme kamu ini cocok banget ditonton menjelang 17 Agustus, bahkan kapanpun! Bagikan juga film favorit kamu di kolom komentar, ya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *