Buktikan Nasionalisme Kamu Dengan Menonton 5 Film Ini!

Menonton film Indonesia di bulan ini bisa jadi cara menunjukkan patriotisme dan nasionalisme

CINEMANIA, malangpost.id – 17 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Setiap tahunnya, peringatan perayaan kemerdekaan Indonesia dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menunjukkan semangat nasionalisme terhadap Tanah Air.

Namun, tahun 2021 memasuki tahun kedua perayaaan 17 Agustus berlangsung di masa pandemi Covid-19. Meskipun begitu, kita masih bisa menunjukkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dengan menonton film bertema perjuangan.

Ada banyak film-film karya anak bangsa bertema nasionalisme yang bisa membangkitkan kecintaan terhadap Tanah Air. Sehingga penonton bisa terinspirasi dan membangkitkan semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

Berikut film Indonesia yang bisa ditonton untuk ikut menyemarakkan perayaan kemerdekaan Indonesia.

1. Soekarno

Film Soekarno yang rilis pada 2013 (foto: pinterest)

Film Soekarno berkisah tentang kisah perjalanan Sang Proklamator, Bung Karno, sejak kecil hingga usahanya merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Meskipun sempat menuai kontroversi, film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini penuh dengan makna dan pesan inspiratif.

Soekarno diperankan oleh Ario Bayu dan film ini rilis pada 2013 lalu. Dalam film kita bisa melihat pidato-pidato Soekarno yang membakar semangat nasionalisme hingga masa-masa saat Bung Karno berada di pengasingan.

2. Garuda di Dadaku

Film Garuda di Dadaku (foto: tribunnewswiki)

Film Garuda di Dadaku bisa jadi alternatif tontonan yang pas menjelang perayaan HUT RI ke-76. Garuda di Dadakku bercerita tentang Bayu (diperankan oleh Emir Mahira) yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional.

Namun, keinginannya bergabung bersama Tim Nasional Indonesia ditentang oleh kakeknya. Lalu, apakah Bayu akhirnya bisa meyakinkan kakeknya dan bergabung ke dalam timnas?

3. Gie

Soe Hok Gie, film 2005 dibintangi oleh Nicholas Saputra (foto: hotstar.com)

Film Gie yang dirilis pada 2005 silam mengangkat kisah aktivis Soe Hok Gie yang kritis. Ia adalah seorang mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi mahasiswa. Gie bergabung dalam pergerakan mahasiswa yang menentang pelanggaran HAM, praktik korupsi, penyelewengan, hingga kediktatoran di masa pemerintahan Presiden Sukarno dan Suharto.

Sosok Gie diperankan oleh aktor Nicholas Saputra yang membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2005. Film Gie hasil besutan Riri Riza ini juga menjadi pemenang dalam kategori film terbaik.

4. Trilogi Merah Putih

Film trilogi Merah Putih (foto: tribunnewswiki)

Film Merah Putih yang rilis pada 2009 lalu merupakan drama historis Indonesia yang terdiri dari tiga film perjuangan. Merah Putih disutradarai oleh Yadi Sugandi.

Merah Putih dibintangi oleh Darius Sinathrya (Marius), Donny Alamsyah (Tomas), Rahayu Saraswati (Senja), Lukman Sardi (Amir), dan Joe Sims (Sergeant De Graffe). Film yang berlatar belakang tahun 1947 mengisahkan tentang perjuangan para pemuda dari berbagai suku bangsa yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

5. Kartini 

Film biografi RA Kartini (foto: Legacy Pictures)

Kartini arahan Hanung Bramantyo yang rilis pada 2017 merupakan film ketiga tentang tokoh wanita ini di layar lebar setelah biografi R.A Kartini (1984) dan kisah fiksi Surat Cinta Untuk Kartini (2016).

Film Kartini arahan Hanung ini adalah biografi RA Kartini yang mengupayakan kesetaraan hak untuk perempuan khususnya di bidang sosial dan pendidikan. Kartini dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo. Dalam cerita ini dikisahkan tentang Kartini yang tumbuh dengan menyaksikan ibu kandungnya, Ngasirah, yang terbuang di rumahnya sendiri.

Film Indonesia bertema nasionalisme

Itu tadi lima film yang bisa ditonton untuk menyemarakkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Semoga dengan menonton film tersebut kita bisa menghargai perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Tanah Air. Serta menunjukkan semangat nasionalisme dan patriostisme dengan melakukan hal-hal positif bagi masyarakat dan bangsa.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *