Suka Nonton Marvel? Kenali Dulu Sejarah Film Animasi Disini!

RAGAM, malangpost.id – Cara menghilangkan penat paling mudah adalah dengan menonton film. Dari kecil pasti kita sudah disuguhkan film-film menarik di TV, khususnya film animasi atau kartun. Bahkan sampai dewasa pun, film kartun selalu menjadi tontonan yang menyenangkan untuk melepas penat.

Apa, sih film animasi yang kamu suka? Film dari garapan Marvel atau film dari Disney? Keduanya tentu sama-sama memiliki kualitas film yang sangat baik. Namun, pernah gak sih kamu terpikir bagaimana sejarah film animasi dari awal terbentuk hingga secanggih saat ini? Kalau belum, simak sejarah film animasi di sini ya!

Baca juga : Sinopsis Film Korea Decibel, dan Siapa Saja Castnya?

Hive Studio mendefinisikan animasi sebagai perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi Gerakan. Animasi muncul di tahun 1900-an, saat itu seniman di seluruh dunia mulai mengotak-atik ide untuk membuat animasi.

Tepat pada tanggal 7 April 1906, animasi pertama diperkenalkan ke masyarakat. Film pendek berbentuk animasi ini berjudul ‘Humorous Phases of Funny Faces’ yang dibuat oleh J. Stuart Blackton. Teknik yang dipakai dalam pembuatan animasi ini dibuat dengan stop motion, yang dibuat dengan dasar papan tulis lalu difilmkan. Dengan gerakan sederhana, di zaman itu kehadiran film animasi sudah sangat menghibur.

Beberapa judul animasi sederhana mulai muncul. Di tahun 1914 ada film berjudul ‘Gertie The Dinosaur’. Selanjutnya disusul oleh animasi ‘Felix The Cat’ pada tahun 1919. Hingga akhirnya pada tahun 1920-an muncul Walt Disney, produksi animasi yang terkenal dari dulu hingga kini.

Mickey Mouse adalah Film Pertama Disney

Film pertama yang dikeluarkan oleh Disney adalah Mickey Mouse. Saat itu belum ada dialog namun dimunculkan efek suara yang mendukung jalan cerita. Walt Disney sebagai pelopor perkembangan film animasi berhasil meraih 7 penghargaan Emmy Award dan 22 di penghargaan Oscar.

Hingga pada tahun 1930-1960, film animasi yang awalnya hanya menggunakan warna hitam putih, kini menggunakan warna. Film animasi yang muncul di era ini adalah Mickey Mouse, Donald Duck, Tom and Jerry, dan ada beberapa animasi lain. Sayangnya, peminat film animasi mulai berkurang karena pada era ini terdapat kemunculan televisi.

Baca juga : 7 Film Keluarga Terbaik di Netflix ini Cocok Mengisi Weekend Anda!

Banyaknya serial animasi di televisi pada tahun 1960 membuat rumah produksi animasi sedikit kesulitan. Pada era 1960-1980-an animasi yang terkenal adalah Yogi the Bear dan Flintstones. Penonton sangat tertarik dengan hadirnya serial animasi ini dan ditayangkan di televisi.

Mulai tahun 1980, film animasi mulai berkembang karena adanya penemuan komputer. Penemuan ini sangat berpengaruh hingga sekarang, dibuktikan dengan kecanggihan teknologi yang membantu para produser dimudahkan dalam membuat film animasi.

Nah itu dia sejarah film dan serial animasi dari awal dibentuk hingga sekarang. Apa film animasi favoritmu saat ini? Tulis di kolom komentar, ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *