6 Film Indonesia Tema Pendidikan Ini Wajib Ditonton Bersama Keluarga

CINEMANIA, Malangpost.id – Industri film di Indonesia semakin berkembang dengan beragam topik yang diangkat, salah satunya pendidikan. Menonton film bertema pendidikan bisa memberikan inspirasi untuk berbagai tingkatan umur dari anak-anak hingga dewasa.

Salah satu inspirasi yang kita dapat adalah semangat menempuh pendidikan apapun rintangannya. 6 film Indonesia tema pendidikan ini wajib ditonton bersama keluarga.

Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi merupakan film yang berasal dari adaptasi buku dengan judul serupa yang ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini mengisahkan kehidupan anak-anak di sekolah Muhammadiyah di Pulau Belitong, Bangka Belitung.

Cerita dimulai ketika sekolah itu terancam ditutup karena kekurangan siswa. Dengan segala keterbatasannya, siswa-siswa tersebut tetap bersemangat dalam belajar dan menggapai mimpinya. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini tidak boleh dilewatkan karena mengandung banyak pesan moral.

Baca juga : Buktikan Nasionalisme Kamu dengan Menonton 5 Film Ini!

Sang Pemimpi (2009)

Film Sang Pemimpi adalah kisah lanjutan dari Laskar Pelangi yang juga merupakan adaptasi dari novel berjudul serupa, karya Andrea Hirata. Kisah yang diangkat adalah masa remaja Ikal, anak keluarga pekerja di Perusahaan Negara Timah di Belitung bersama sahabat-sahabatnya.

Mereka harus merantau ke kota Pelabuhan Manggar karena tidak ada sekolah menengah di desanya. Bebagai tantangan bermunculan, tetapi semangat mereka tetap membara. Ditambah lagi, seorang guru memberikan mereka inspirasi untuk melanjutkan pendidikan di Eropa. Tentunya tantangan yang dihadapi bertambah juga, tetapi mereka bisa menghadapinya.

Negeri 5 Menara (2012)

Film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman ini juga merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Ahmad Fuadi. Negeri 5 Menara mengisahkan kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda. 6 santri ini menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur.

Baca juga : 7 Film Keluarga Terbaik di Netflix ini Cocok Mengisi Weekend Anda!

Tokoh utama dalam film ini adalah Alif, pemuda yang lahir di pinggir Danau Maninjau yang sama sekali tidak pernah pergi ke luar Minangkabau. Dari film Negeri 5 Menara kamu bisa belajar mengenai tekad yang kuat, kerja keras, dan persahabatan.

Sepatu Dahlan (2014)

Sepatu Dahlan adalah film yang berasal dari adaptasi novel berjudul serupa dan kisah nyata Dahlan Iskan. Segala cerita tentang kebahagiaan dan kehidupan sulit yang pernah dilalui oleh Dahlan Iskan diceritakan dalam film ini.

Mulai dari saat beliau harus menjalani operasi transplatasi di China saat masih kecil, mimpinya memiliki sepatu yang nyaman saat SMP, hingga saat beliau telah sukses. Film ini dapat memberikan pelajaran berharga bahwa sebagai manusia kita harus berani bermimpi, tekun, dan tabah dalam menghadapi kesulitan dalam hidup.

Kartini (2017)

Film Kartini merupakan film biografi dari Kartini,, tokoh perjuangan emansipasi wanita di Indonesia. Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang, terutama hak pendidikan untuk perempuan Indonesia.

Perjuangannya ia lakukan bersama dengan saudari-saudarinya, Roekmini dan Kardinah. Mereka mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat Jepara. Film ini tentu dapat membangkitkan semangat kita semua untuk belajar lebih giat lagi mengingat perjuangan Kartini.

Jembatan Pensil (2017)

Film Jembatan Pensil mengisahkan perjuangan 5 sahabat di sebuah sekolah Bernama SD Towea yang terletak di Kabupaten Muna, di pedalaman Sulawesi Tenggara. 5 sahabat tersebut adalah Inal, Nia, Aska, Yanti, dan Ondeng.

Mereka berjuang untuk tetap bisa mendapatkan pendidikan di sekolah. Mereka harus menempuh perjalanan ke sekolah yang letaknya sangat jauh. Selain jauh, perjalanan mereka ke sekolah juga sulit ditempuh dan banyak rintangan yang harus dihadapi. Rintangan-rintangan itu tentu tidak membuat mereka patah semangat. Dari film ini kitab isa belajar bersyukur dan lebih giat dalam belajar.

Itu dia rekomendasi film Indonesia tema pendidikan. Sebenarnya masih banyak lagi film Indonesia yang mengangkat tema pendidikan. Selamat menonton dan semoga kamu bisa mendapatkan pesan moralnya, ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *