Covid-19 Percepat Pertumbuhan Bisnis Cloud Kitchen.

TRENDING, malangpost.id- Coca-Cola Amatil, mengumumkan investasi terbaru platform modal ventura Amatil X, kepada start-up Indonesia, Yummy Corp. Sebagai bagian dari penggalangan modal Seri B senilai USD 12 juta.

Yummy Corp adalah perusahaan manajemen cloud kitchen terbesar di Indonesia. Perusahaan ini terus mengembangkan 70 jaringan dapur cloud kitchen. Telah melayani lebih dari 50 mitra merek makanan dan minuman di Jakarta, Bandung dan Medan.

Cloud kitchen, yang juga seringkali disebut sebagai ghost kitchen, adalah restoran yang tidak menyediakan layanan makan di tempat atau take away kepada pelanggan. Layanan utamanya, diberikan secara virtual. Bergantung pada aplikasi pengiriman makanan, situs web, atau panggilan telepon, dari pelanggan untuk menghasilkan penjualan.

Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia, Kadir Gunduz mengatakan, investasi Amatil X di Yummy Corp, akan mendukung strategi bisnis Coca-Cola Amatil Indonesia, yang lebih luas. Sebagai pemasok minuman terdepan di kanal pengiriman makanan, yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

‘’Kebiasaan konsumen telah berubah dengan cepat, sejak tindakan darurat diterapkan pada pertengahan Maret, untuk memperlambat penyebaran Covid19. Hal ini mendorong peritel untuk memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan pelanggan. Tanpa harus tatap muka secara langsung,’’ kata Kadir Gunduz. 

‘’Saat ini, konsumen semakin beralih ke layanan pengiriman makanan dan minuman di Indonesia. Itulah yang mendorong pertumbuhan yang cepat dalam pasar ini,’’ tambahnya.

Kadir Gunduz mengatakan, dia pertama kali bertemu Yummy Corp pada Oktober tahun lalu. Dia langsung terkesan dengan pertumbuhan perusahaan yang begitu cepat.

‘’Kami senang dapat mendukung Yummy Corp, dalam meningkatkan skala bisnisnya dengan memanfaatkan setiap peluang di pasar,’’ katanya.

Online semakin didepan

‘’Dengan lebih seringnya konsumen mengakses makanan dan minuman secara online, tim kami akan bekerja sama untuk menyediakan minuman yang tepat dengan pesanan makanan konsumen.’’

Yummy Corp merupakan investasi start-up ketiga dari Amatil X di Indonesia. Sebelumnya Amatil X telah melakukan investasi di pasar logistik pengiriman Indonesia Kargo Technologies dan aplikasi B2B untuk ‘warung makan’ Wahyoo.

Mario Suntanu, Pendiri dan CEO Yummy Corp mengatakan, peluang bagi dapur satelit di Asia Tenggara sangat besar. Mengingat populasinya yang tinggi, PDB per kapita yang kian meningkat dan pasar pengiriman makanan yang populer.

‘’Indonesia adalah pasar pengiriman makanan terbesar di Asia Tenggara (lebih dari 50 persen) dan kini bertumbuh 35,2 persen setiap tahun. Covid-19 telah mempercepat peningkatan bisnis cloud kitchen yang kini tumbuh 40 persen setiap bulannya,’’ katanya.

‘’Dengan putaran pembiayaan ini, kami akan fokus pada misi kami, untuk berperan aktif membantu industri makanan dan minuman. Mengembangkan bisnis pengirimannya, terutama pada saat pandemi,’’ tandas Suntanu.

‘’Kami mengundang seluruh pengusaha makanan dan minuman, baik besar maupun kecil, untuk bermitra dengan kami. Sehingga bersama-sama kita tidak hanya bertahan, tetapi juga dapat berkembang pesat di masa pandemi ini. Kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih erat dengan tim di Coca-Cola Amatil Indonesia, dalam memperluas jasa kami ke seluruh Indonesia,’’ kata Suntanu. (rdt)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Calya

About the Author: Calya Putri

Pecinta musik dan pastinya juga suka menyanyi. Penulis yang memiliki bintang Sagitarius ini juga menykai K-Pop dan hobi wisata alam terutama pantai. Dunia fashion juga digelutinanya sejak kecil tebukti dari beberapa prestasi yang sering diraih dalam peragaan busana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds