Tech Center Hadir Di Indonesia Untuk Kembangkan UMKM

TRENDING, malangpost.id- Teknologi memang tiada habisnya. Setelah perkembangan era industri 4.0 yang sudah menyebar hingga ke seluruh negeri di dunia menyebabkan perubahan yang cukup signifikan. Hadirnya internet memberikan suatu bentuk dan harapan hidup yang baru bagi semua orang. Hadirnya internet menyebabkan terkoneksinya orang dengan orang lainnya secara langsung dengan jarak jauh. Internet dapat dianggap teknologi yang paling berpengaruh diabad ini. Salah satu bentuk perkembangan atas adanya internet adalah Tech Center.

Hadirnya internet memberikan wadah baru bagi setiap orang untuk berkomunikasi, tidak terkecuali untuk berjualan. Saat ini banyak platform yang menghadirkan tempat untuk para pembeli dan penjual untuk bertemu dan bertransaksi secara online dan langsung. Kegiatan ini nyatanya dianggap efisien. Hal ini dikarenakan jika dibandingkan dengan toko fisik seperti yang biasa kita lihat adalah adanya efisiensi jarak, waktu dan biaya.

Efisiensi Menjadi Alasan Utama

Jika pada toko fisik memerlukan waktu perjalanan untuk menempuhnya, toko online hadir dengan memberikan kemudahan. Hanya dengan terkoneksi dengan internet pada gadget pembeli dan penjual lalu transaksi terjadi di tempat masing-masing. Halangan jarak yang terpaut jauh pun bisa dipangkas dengan internet sehingga wilayah terpencil pun bisa menikmati berbelanja layaknya orang-orang yang hidup di perkotaan. Biaya juga yang menjadi momok tersendiri juga bisa ditekan karena biaya pajak, sewa dan lain-lainnya bisa dihilangkan dengan adanya toko virtual dan itu dapat memberikan harga yang lebih “manusiawi” kepada konsumen.

Tech Center hadir sebagai “kado” dari Grab untuk memberikan solusi bagi UMKM di Indonesia. Tech Center menjadi pusat inovasi perusahaan untuk kawasan Asia Tenggara, “Pusat inovasi baru ini akan menangani talenta teknologi terbaik di Tanah Air yang didedikasikan untuk Indonesia dan Asia Tenggara,” kata President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata pada konferensi pers secara virtual.

Nantinya Tech Center akan menjadi pusat pengembangan serangkaian perangkat yang dapat membantu UMKM bertransformasi dan bertumbuh secara online. Secara statistik bahwa di Indonesia terdapat 64 juta UMKM yang menjadi pertimbangan utama Grab membangun Tech Center di Indonesia. Nantinya bila pengembangan teknologi ini akan dibawa ke negara di asia tenggara lainnya apabila telah berhasil diterapkan di Indonesia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close