Bagaimana Ketentuan Minuman Alkohol di Indonesia?

TRENDING, malangpost.id- Bergulirnya RUU Minuman Beralkohol (Minol) memang menjadi polemik tersendiri. Seperti tiada jera ketika melakukan pengesahan RUU Cipta Kerja yang banyak ditentang oleh masyarakat. Kini pemerintah dan DPR kembali membahas mengenai RUU Minol. Apabila kemarin RUU Cipta Kerja ditentang karena dapat menimbulkan sejumlah kerugian bagi masyarakat, sekarang RUU Minol ditentang karena memang tidak ada urgensi yang mendesak pada rancangan ini.

Memang di Indonesia, masyarakatnya memeluk agama islam, tetapi ini tak menjadikan minuman alkohol dilarang sepenuhnya di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri ada segelintir orang yang menginginkan minuman beralkohol ini dilarang beredar, tetapi saat ini minuman beralkohol pun sudah diatur sedemikian rupa meskipun tidak terdapat pada suatu undang-undang tersendiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi ketentuan dalam meminum minuman beralkohol.

Harus Cukup Umur

Minuman alkohol di Indonesia hanya diperbolehkan pada kalangan usia tertentu. Usia legal yang telah ditetapkan untuk minum adalah minimal 21 tahun, diluar usia tersebut mengakibatkan hukuman dan tuntutan tertentu.

Anda Tidak diperbolehkan Mengkonsumsi Alkohol di Aceh

Aceh adalah sebuah kabupaten di Indonesia yang sebagian besar terdiri dari Muslim dan menegakkan syariat islam didalamnya, oleh karena itu minuman beralkohol sangat dilarang disana.

Alkohol Lokal untuk Acara Khusus

Di beberapa daerah di Indonesia, diperbolehkan minum selama terdapat acara-acara khusus. Ada tradisi dan perayaan yang melibatkan minum alkohol. Namun, alkohol yang mereka minum kebanyakan bersifat lokal seperti ciu atau arak.

Harus Menunjukkan KTP

Bagi siapa pun yang ingin acara minum-minum di Indonesia, ia harus menunjukkan kartu identitas aslinya untuk mengetahui usianya. Menggunakan KTP palsu dapat memberikan sanksi yang keras dari pihak berwenang.

Tidak Minum Saat Mengemudi

Melakukan minum sambil mengendarai kendaraan menjadi suatu pelanggaran karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, sehingga ini dapat dikatakan sebagai pelanggaran serius di Indonesia.

Tidak Diizinkan Minum saat Bekerja

Tempat kerja di Indonesia sangat anti dengan minuman beralkohol. Hal ini berkaitan dengan etika dan sistem kerja di suatu tempat kerja.

Tidak Minum di Sekolah

Dengan alasan bahwa sekolah merupakan tempat belajar dan anak-anak merupakan orang yang masih dibawah umur 21 tahun, alkohol menjadi larangan yang mutlak di lingkungan pendidikan.

Tidak Minum di Tempat Ibadah

Orang tidak diperbolehkan minum di sekitar tempat untuk ibadah. Ini sangat tidak sopan untuk orang-orang yang benar-benar mencoba untuk melakukan ibadah. Norma masyarakat tidak dapat menerima itu dan dapat disebut sebagai pelanggaran.

Tidak Minum di Tempat Umum

Minum di tempat umum dilarang. Tempat umum merupakan tempat berkumpul berbagai orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu untuk menjaga ketertiban umum, minuman beralkohol dilarang.

Tidak Diizinkan Bercampur dengan Minuman Lain

Minum di Indonesia diperbolehkan selama orang mengikuti hukum. Satu hukum terakhir yang harus selalu diingat orang adalah jangan pernah mencampur alkohol dengan minuman jenis lain. Ini jelas dilarang karena dapat membahayakan tubuh peminumnya. Terlebih yang dicampurkan terdapat zat-zat yang dilarang masuk ke tubuh.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close